POPULAR STORIES

Famindo Spektrum Teknologi (Fast) Padamkan Api Kendaraan Listrik Di PEVS 2023

Famindo Spektrum Teknologi (Fast) Padamkan Api Kendaraan Listrik di PEVS 2023 demonstrasi kebakaran baterai kendaraan listrik oleh Fast (Kipli)

KabarOto.com - Selain jadi ajang pameran kendaraan listrik, Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2023) juga dimeriahkan dengan berbagai program, seperti EV Fire Extingush By Fast, atau simulasi penanganan kendaraan listrik yang sedang terbakar.

Pertunjukan yang dilakukan PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (Fast) tersebut, adalah membakar sepeda listrik dan baterainya, lalu dipadamkan. Tujuan dari aktivitas tersebut untuk melakukan uji coba alat pemadam kebakaran (APAR) yang baru diproduksi oleh Fast.

Setelahnya, pihaknya juga memberikan edukasi untuk para pengguna serta calon pembeli electric vehicle (EV) dalam menangani kasus kebakaran baterai pada kendaraan listrik.

Baca Juga: Ini Promo Mobil Listrik Yang Ditawarkan Mandiri Tunas Finance Di PEVS 2023

Lewat demonstrasi ini, Ia ingin membuktikan bahwa alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran baterai, berbeda dari APAR biasa yang sering terlihat di gedung-gedung.

Produk yang dimaksud, disebut sebagai Lithium Fire Safety. Saat demonstrasi berlangsung, ketika disembur menggunakan APAR biasa, api yang membara pada baterai motor listrik simulasi tidak kunjung mereda. Sedangkan ketika disemprot dengan Lithium Fire Safety, kobaran api berhasil dimatikan dalam waktu hitungan detik.

Selain memaerkan alat pemadam baterai lithium, pihaknya juga memperkenalkan suatu sistem yang bernama Ballistic. Sistem Ballistic memungkinkan pengguna EV memonitor kondisi baterai.

"Sistem ini kami kembangkan untuk bisa meningkatkan keselamatan daripada kasus yang sering terjadi belakangan ini seperti, EV fail yang karena baterainya rusak yang menyebabkan adanya kebakaran," ucap Wadi selaku Business Development Fast di acara PEVS 2023 Rabu (17/05).

Baca Juga: SPK Diklaim Tembus 1.200, Harga MG4 EV Masih Belum Dirilis

Jika ada yang tidak normal dari kondisi baterai maka sistem ini akan memberi tahu pengguna melalui aplikasi. Dengan begitu pengendara dapat segera melakukan tindakan pencegahan.