POPULAR STORIES

Padamkan Api Kendaraan Listrik Tidak Bisa Sembarangan, Ini Penjelasannya

Padamkan Api Kendaraan Listrik Tidak Bisa Sembarangan, Ini Penjelasannya Padamkan Api Kendaraan Listrik Tidak Bisa Sembarangan, Ini Penjelasannya (Kipli)

KabarOto.com - Pemadaman api pada kendaraan kistrik tidak bisa mengunakan sembarangan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Untuk itu, PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (Fast) selaku ‘exclusive distributor’ pemadam api Hartindo AF31, atau yang dikenal sebagai “Lithium Fire Killer” hadir mengawal keamanan dalam ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Berbicara mengenai bisnis, kami sebagai pengusaha melihat adanya peluang untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara dengan memberikan rasa aman dalam berkendara, maupun lingkungan sarana kendaraan listrik," ujar Dean Zen selaku Direktur Marketing Fast.

Baca Juga: Intip Profil APAR Yang Diproduksi Oleh PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (Fast)

Pihaknya bilang, memiliki perhatian lebih terhadap pengamanan kemungkinan terjadinya bencana kebakaran api yang dihasilkan oleh kendaraan listrik. Apalagi seiring berkembangnya teknologi kendaraan listrik, dan juga adanya dorongan penggunaan pada masyarakat khususnya instansi negara.

"Api yang ditimbulkan dari baterai lithium memiliki klasifikasi khusus, kekuatan daya sembur api tersebut bermain di kisaran 1.600-2.000 derajat celcius,' jelasnya. Belum lagi, berbagai media pemadaman seperti jenis bubuk (powder) yang memiliki kemampuan meredam api paling tinggi di 700 derajat celcius, dan air sebagai media konvensional pemadaman ditemukan tidak efektif untuk memadamkan api tersebut.

Baca Juga: Tambah Keamanan Bus, Mobil Anak Bangsa (MAB) Jalin Kerjasama Dengan APAR Fast

Menurutnya, api dari baterai lithium ini dapat menyala terus-menerus selama masih ada daya yang tersimpan di dalam baterai, walaupun direndam dalam kolam air sekalipun. Dalam hal ini, perlu ada perlakuan khusus untuk meredam daya lonjak suhu yang drastis dari baterai lithium ini yang dikenal sebagai “thermal runaway”.

Atas berbagai uji laboratorium tersebut, pihaknya mengklaim, bahwa Hartindo AF31 merupakan pemadam yang yang sangat aman untuk manusia, hewan, dan juga lingkungan.

Oleh karena itu, pihaknya membuat APAR dan juga suppression system, tempat pengisian ulang daya (charging station), hingga pengamanan pada gudang-gudang penyimpanan baterai lithium.