POPULAR STORIES

Fenomena Klakson Telolet Kembali Ramai, Sopir Bus Imbau Jaga Keselamatan Bersama

Fenomena Klakson Telolet Kembali Ramai, Sopir Bus Imbau Jaga Keselamatan Bersama Bus dengan klakson telolet (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Fenomena bus telolet kembali ramai di beberapa daerah dan jagat maya. Hal tersebut menjadi hiburan bagi masyaratkat dan sopir bus.

Sebagai informasi saja, bus dengan klakson telolet seakan menjadi hiburan gratis bagi masyarakat. Tak heran, masyarakat rela menunggu di pinggir jalan untuk meminta bus menyalakan teloletnya.

Telolet sendiri merupakan klakson tambahan dengan nada-nada yang dibuat menjadi irama lagu.

Menurut keterangan Dedy, sopir bus pariwisata mengaku selain menghibur orang-orang yang sudah menunggu, telolet juga jadi hiburan bagi sopir bus.

Baca Juga: Karoseri Laksana Uji Coba Fitur Keselamatan Bagian Depan Bus

Bus pariwisata dilengkapi klakson telolet

"Hiburan buat mereka dan saya juga. Kalau ada yang minta, kita kasih bunyiin telolet. Tapi kalau minta oleng-oleng, kita gak kasih," jelasnya di rest area Tol Cipali, Rabu (5/7).

Selain jadi hiburan, klakson telolet juga jadi fitur keselamatan, apalagi saat melewati jalan berkelok dan rawan blind spot.

"Misalnya lagi lewat jalur wisata, biasanya kan sempit dan berkelok, kita bunyikan klakson telolet dari jauh, pengendara lain jadi dengar, jadi mereka tahu ada kendaraan dari arah sana," jelas Dedy.

Baca Juga: Sopir Bus Antar Kota Wajib Tahu, Ini Kode Menyalip Kendaraan Yang Aman

Terlebih, klakson telolet bisa terdengar dalam waktu beberapa detik, jadi sopir bus tidak perlu menekan klakson terus.

Tapi, masyarakat yang menunggu bus telolet di pinggir jalan, kerap kali mengganggu pengguna jalan lain. Dedy menyarankan kalau mau minta telolet dari pinggir jalan saja.

Terkait pemasangan klakson telolet di bus, ada perusahaan penyewaan bus yang melarang, ada juga yang mengizinkan.

"Jadi kalau di tempat saya, pasang klakson telolet boleh asal jangan pasang stiker di bodi dan kaca. Biaya pasang klakson telolet itu dari sopir pribadi juga," tutup Dedy.