POPULAR STORIES

First Drive DFSK Glory 580 - Nyaman Di Jalan, Aman Di Tanjakan

First Drive DFSK Glory 580  - Nyaman di Jalan, Aman di Tanjakan ted diesta

KabarOto.com - Harganya antara Rp 245 hingga Rp 308 juta dengan pengembangan after sales dan posisi financing yang AKAN terus dilakukan, maka pemain lama perlu khawatir sih. Perlu improve lah di medan perang terbaru ini.

Brand mobil ini baru setahun di sini, barangnya juga belum lama dijual. Kapasitasnya 1.500 cc, peroleh emisi Euro 6. Pun sudah 5-star safety body, EBA brake assist, EBD braking force distribution system, bahkan lengkap dengan 4 airbags + tachograph, sementara suspensi depannya McPherson independent, dan dengan 4 disc brakes yang dilengkapi EPB electronic hand brake.

Menyetir Glory 580 membuat saya tidak capek. Joknya standar saja fiturnya, tapi bentuk dan desainnya memang pas di badan saya yang 176 cm dan 76 kilogram. Setirnya juga dalam posisi yang proper. Mungkin dari sinilah kuncinya menyetir nyaman.

Baca Juga: First Drive DFSK Glory 580 - Menjajal 7 Seats City SUV with 7 Years Warranty

Apalagi kaca depan terlaminasi menampilkan keadaan sesungguhnya, tidak ada bias. Jarak pandang saya tidak dihalangi apapun dari posisi menyetir. Yang perlu dilakukan hanya menghapalkan terlebih dahulu segala macam kelengkapan kokpitnya. Mungkin sedikit berbeda ada pada tombol aktif/non aktif rem parkirnya, yang hanya perlu disentuh.

Kencang Yes, Ngerem Oke

Saya berada dalam posisi tidak sedang membandingkan dengan para ‘gajah’ yang hadir terlebih dulu. Glory 580 yang awalnya berada dalam posisi under-estimated, bagi saya cukup mencengangkan. Diajak kencang yes, diajak ngerem oke.

Mobil yang saya coba, memiliki tenaga 150 dk (110 KW) dengan torsi 220 Nm pada cakupan 1.800-4.000 RPM. Tips dari saya soal kinerja mesin SFG15T, pintar-pintar atur momen clutch shifting, biar tenaganya hadir selalu.

Mesin bertenaga 150 dk, butuh adaptasi momen clutch shifting biar tenaga selalu optimal

Untuk yang manual, 6 percepatan, saya perlu sedikit hapalan, maklum anak matik. Terutama pada 2 hal yaitu perpindahan ke gear 1. Bila terlalu jauh digeser ke kiri, maka akan bertemu dengan gigi mundur. Satu lagi, gear 6 masih ada banyak nafas, bila digeber di jalan tol. Sedangkan tipe lainnya, mempunyai transmisi CVT dengan sistem DVVT (Double Variable Valve Timing System).

Mobil ini sudah terdapat Electric Stability Program (istilah lain electronic stability control atau dynamic stability control), sebuah teknologi terkomputerisasi yang meningkatkan stabilitas kendaraan dengan mendeteksi dan mengurangi hilangnya traksi (tergelincir).

Jika On, pengereman secara otomatis diterapkan pada roda secara individual, seperti roda depan luar untuk melawan oversteer atau roda belakang bagian dalam untuk melawan understeer. Singkatnya, ESP tidak meningkatkan kinerja menikung kendaraan. Sebaliknya, ini membantu meminimalkan hilangnya kontrol. Nah... Glory 580 sudah punya fitur ini.

Apalagi? Traction Control System (TCS), Hilll Hold Control (HHC), Electronic Parking Brake (EPB), Hydrolic Brake Assistance (HBA), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Baca Juga: Mitsubishi Evolution X 2008 - Jagoan Baru Banteng Motorsport

Desain tuas transmisinya manis, plus aktivasi parking brake cukup lewat tombol di belakangnya

Total 30 Ruang Simpan

Cukup banyak yang secara tidak sadar sebenarnya membuat saya merasa aman. Sepanjang saya tidak ugal-ugalan, semua fitur ini membuat saya selamat tiba di rumah.

Tapi sebagai catatan, di mobil ini, EPB menjadi salah satu fitur andal yang saya rasakan. Mudah digunakan, tinggal colek. Bentuknya juga mungil, sehingga benar-benar efisiensi ruang dan energi.

Sehingga saya baru sadar, terdapat inovasi lanjutan yaitu, konsolnya dioptimalkan sebagai salah satu bagian dari total 30 ruang penyimpanan di mobil ini.

Tapi buat yang tak biasa, ada kesan yang hilang yaitu tiadanya tuas rem tangan. Tanpa fungsi tuas, mobil ini sudah dilengkap HHC. Aman di tanjakan.

Berlimpah storage, total ada 30 ruang simpan dari kabin depan hingga belakang