First Impression All New Kia Seltos

First Impression All New Kia Seltos All New Kia Seltos (Foto: Edo/KO)

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu, merek otomotif asal Korea Selatan, Kia sempat mengalami kesulitan dalam memasarkan kendaraannya. Namun, awal 2020 menjadi saat yang tepat untuk mendeklarasikan kebangkitannya di industri otomotif Indonesia.

Tepatnya pada Senin kemarin (20/01), PT Kreta Indo Artha yang menaungi Kia Motors di Indonesia meluncurkan lini kendaraan terbarunya.

Bertempat di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan Kia meluncurkan All New Kia Seltos 2020. Tak sekadar baru, mobil ini dinobatkan sebagai mobil SUV pertama Kia di Indonesia. Saat melihat penampilannya pertama kali, kesan mobil sporty dan tangguh sudah melekat.

Baca Juga: Hadir Dalam 3 Varian, Harga Kia Seltos Mulai Dari Rp 295 Juta

All New Kia Seltos yang diperkenalkan kali ini ada tiga tipe yaitu E, EX, dan EXP sebagai varian tertinggi. Nah, KabarOto sudah melihat langsung bagaimana kerennya All New Kia Seltos tipe EXP dari dekat.

Dilihat dari segi penampilan luarnya sudah sangat menawan, ditambah Kia kembali menegaskan desain gril tiger nose di produknya ini. Desain tersebut bukan sesuatu yang baru, bahkan di generasi Kia Seltos sebelumnya namun tidak dipasarkan di Indonesia sudah menggunakan desain ini. Grilnya dikelilingi dengan list krom.

Baca Juga: Kenapa Kia Seltos Tidak Langsung Di CKD Di Indonesia?

Gril tiger nose yang cukup lebar ini menyatu dengan head lamp yang sudah mengadopsi teknologi LED. Kerennya, head lamp All New Kia Seltos sudah memiliki fitur auto light.

Hal unik lainnya ada di bagian foglamp, dimana Kia menggunakan desain ice cube sebanyak 3 buah. Desain ini sudah pernah digunakan di Kia Sedona, dengan jumlah berbeda yaitu 4 buah.

Sisi mobil terdapat cladding berwarna hitam yang menjulur dari depan hingga belakang. Agar kesan SUV semakin terasa, All New Kia Seltos dilengkapi dengan roof rail.

Berbicara soal SUV, tentunya ground clearance menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan. All New Kia Seltos memiliki ground clearance setinggi 183 mm. Sementara kaki-kakinya menggunakan pelek berukuran 17 inci dengan profil ban 215/60.

Interiornya menampilkan nuansa elegan dengan dominasi warna hitam. Jika duduk dibalik kemudi, Sobat KabarOto akan merasakan dasbor asimetris yang menonjol ke arah pengemudi. Sehingga posisi head unit berukuran 8 inci dan instrument cluster berukuran 7 inci lebih mudah diakses dan dikontrol.

Baca Juga: Kia Seltos Bidik Konsumen Muda Yang Paham Teknologi

Oh ya, head unit sudah bisa terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay, lho.

Kia juga memberikan kenyamanan penumpang dengan teknologinya, di konsol tengah tepatnya dibawah pengaturan AC terdapat ruang untuk wireless charging. Tapi jangan khawatir, karena All New Kia Seltos masih memiliki slot USB dan port 12V apabila smartphone Sobat KabarOto tidak support wireless charging.

Nah, untuk bagian setir Kia mengaplikasikan bentuk D-Cut, dimana setir tidak benar-benar bulat namun datar di bagian bawahnya. Setirnya juga sudah dilengkapi dengan tombol kontrol audio, voice command dan cruise control.

All New Kia Seltos semakin elegan dengan jok yang dibalut bahan kulit dan memiliki jahitan segi enam memanjang. Joknya juga sudah perforated sehingga dapat diatur suhunya. Tidak hanya di baris pertama, baris kedua juga mendapat desain yang sama.

Sebagai kendaraan dengan kapasitas 5-penumpang, baris keduanya bisa diisi sebanyak 3 orang. Di tengah terdapat arm rest yang dilengkapi dua cup holder. Jadi, bisa santai selama perjalanan.

Baca Juga: Tanggapan DFSK Soal KIA Seltos Yang Baru Meluncur

Di balik konsol tengah juga sudah terdapat dua kisi-kisi AC, untuk mendinginkan kabin tengah hingga belakang. Namun, pengaturannya hanya ada di bagian depan saja. Di bawahnya juga dilengkapi dengan slot USB untuk mengisi daya telpon genggam.

Berbicara soal kenyamanan, head room dan leg room di baris kedua juga terasa cukup lapang. Namun untuk tinggi badan lebih dari 170 cm mungkin akan merasa head room yang pas-pasan.

Kia juga tak main-main memberikan kelegaannya. Kapasitas bagasi mencapai 433 liter yang dapat diisi 2 sampai 3 koper besar. Jika kurang lega dan tak menggunakan baris kedua, Sobat KabarOto bisa melipat jok baris kedua yang akan memberi kapasitas bagasi lebih lega hingga 1.401 liter.

Sepertinya karena Kia sudah memaksimalkan ruang bagasi, bagian bawahnya digunakan untuk menyimpan ban cadangan. Sehingga, tidak ada lagi ruang penyimpanan lain di bagasi.

All New Kia Seltos didukung dengan mesin 4 silinder DOHC turbo berkapasitas 1.400 cc, mesinnya dapat menghasilkan tenaga 140 dk di 6.000 rpm dan torsi sebesar 242 Nm di 1.500 rpm - 3.200 rpm.

Baca Juga: Seltos Bisa Jadi Awal Kebangkitan Kia Lagi Di Indonesia