Fitur Baru Rolls-Royce Ghost, Dasbor Bertabur 152 Bintang

Fitur Baru Rolls-Royce Ghost, Dasbor Bertabur 152 Bintang foto: Rolls-Royce

KabarOto.com – Hasil pengembangan selama 2 tahun dan 10 ribu jam kerja. Rolls-Royce Ghost, sebagai varian sedan luxury yang harus memikirkan setiap detail keinginan customer-nya, kini punya fitur baru yang akan membuatnya lebih mewah sekaligus ekslusif.

Dinamakan Illuminated Fascia, fitur ini sebenarnya selaras dengan konsep Starlight Headliner, yakni plafon bertabur bintang yang sudah jadi andalan Rolls-Royce sejak pertama terpasang di seri Phantom, tahun 2007 silam.

Baca juga: Begini Cara Kerja Floating Center Cap Ala Rolls-Royce

Starlight Headliner, konsep plafon bertabur 1.340 bintang ala Rolls-Royce

Awalnya, Starlight Headliner hanya memakai 800 lampu LED. Kini terdapat 1.340 LED dengan kombinasi kabel serat optik pada plafon Rolls-Royce. Bahkan berkat personafikasi Bespoke pelanggan, pengrajin pada pabrik di Goodwood, Inggris bisa saja memasang rasi bintang pemiliknya di atap, atau konsep outline apapun yang diinginkan customer.

Nah, menjelang peluncuran Rolls-Royce Ghost terbaru (01/09) esok. Varian sedan luxury ini bakal punya Illuminated Fascia, yaitu taburan 152 bintang seperti pada Starlight Headliner, namun kini terpasang di dasbor sisi penumpang. Dilengkapi grafis Ghost yang akan menyala pada saat kunci kontak terbaca oleh mesin. Jadi pada saat mesin mati, tampilan dasbor akan terlihat minimalis dan polos.

Kini, dasbor Ghost baru akan bertabur 152 bintang yang dibuat menyesuaikan keinginan customer

Pendaran cahaya ini akan sangat matching dengan tampilan dasbor Ghost, terlebih melihat jam kabin dan pencahayaan pada panel tombol instrumen. Ingat ya, insinyur Rolls-Royce tak akan sesederhana itu memasang layar, lalu menampilkan pendaran cahaya yang sama. Tapi memilih untuk merakit tiap lampu tersebut hand made!

Baca juga: Rolls-Royce Phantom VIII Bushukan, Garapan Mansory Eksklusif Untuk Drake

Caranya, pengrajin Rolls-Royce menggunakan 3 lapisan komposit pada dasbor. Pertama, Piano Black yang umum digunakan, namun diukir laser untuk menghilangkan pendaran warna hitam, sehingga cahaya akan bersinar melalui grafis nama Ghost dan rasi bintang.

Teknologi gabungan serat optik dan lampu LED yang disusun tangan

Agar pendaran sinar saat tulisan Ghost dan cahaya pada rasi bintang menyala sempurna. Terdapat lapisan setebal 2 mm untuk panduan cahaya, dengan 9.000 titik lubang yang dibuat menggunakan laser. Lalu, bagian ini akan dilapisi lagi oleh pernis warna gelap, sehingga tulisan dan konstelasi bintang yang terpasang tidak akan terlihat pada saat mobil tidak menyala.

Baca juga: Makin Anggun, Interior Rolls-Royce Phantom Ini Ditaburi Bunga Mawar Langka

Terakhir, fascia ditutup lapisan pernis bening dan dipoles menggunakan tangan, bukan mesin. Sehingga tujuan pengrajin agar tiap lapisan kilap mencapai ketebalan standar 0,5 mm. Serasi aksen glossy lain pada interior Rolls-Royce.

Ciamik!