POPULAR STORIES

Fungsi Oli Gir Motor Dan Cara Mudah Memeriksa Kondisinya

Fungsi Oli Gir Motor dan Cara Mudah Memeriksa Kondisinya Pentingnya mengganti oli transmisi

KabarOto.com - Motor matik saat ini menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Sepeda motor memiliki beragam komponen yang bergerak dan saling bergesekan, komponen tersebut membutuhkan oli sebagai pelumas.

Pada sepeda motor skutik terdapat 2 jenis oli yang digunakan, yaitu oli mesin dan oli gir. Peran oli gir di motor skutik sangat penting, salah satunya sebagai pelumas transmisi.

Baca Juga: Ini Fungsi Oli Mesin Di Sepeda Motor

Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), melihat peran oli yang begitu penting, sebagai pengendara sepeda motor wajib untuk mengecek kondisi oli secara berkala dan memastikan volume oli tetap dalam kondisi yang standar.

Oli Gir yang biasa disebut oli transmisi atau oli gardan, fungsinya melumasi komponen di CVT. Riyadi menjelaskan peran dan fungsi oli transmisi, di antaranya:

1. Melumasi komponen yang bergerak seperti gir dan bearing-bearing transmisi agar tidak cepat aus. Jika aus akan menimbulkan bunyi di sepeda motor saat digunakan.

2. Melindungi gir dan bearing dari korosi atau karat.

3. Sebagai peredam getaran suara di transmisi.

Harus memastikan kondisi oli mesin dan oli gir setiap 3.000 km atau 3 bulan. Wajib mengganti oli gir maksimal setiap kelipatan 12.000 km atau 12 bulan sekali untuk mendukung kinerja sepeda motor tetap optimal dan mencegah komponen gear cepat aus.

Berikut cara mudah memeriksa oli gir motor matik:

1. Posisikan sepeda motor dengan standar tengah di atas bidang yang rata.

2. Buka penutup oli gir, periksa kondisi oli gir dengan memasukan obeng dengan panjang minimal 15 cm ke dalam lubang. Pastikan obeng dalam kondisi kering sebelum dimasukan.

3. Lihat warna oli pada obeng yang telah dimasukan sebelumnya. Oli dengan kualitas baik umumnya berwarna bening dan kental, sedangkan oli yang sudah tidak baik berwarna hitam dan encer.

Baca Juga: Kriteria Memilih Oli Motor Transmisi Matik Yang Baik

4. Periksa seal pada penutup lubang pengisian oli dan baut pada lubang pembuangan, pastikan dalam keadaan baik dan bersih, jika kotor berarti ada kebocoran. Jika seal sobek dan lubang pembuangan kotor, maka ada indikasi kebocoran oli gir. Segera bawa ke bengkel terdekat.