POPULAR STORIES

Gachaco Akan Bikin Baterai Semua Motor Listrik Jepang

Gachaco akan Bikin Baterai semua Motor Listrik Jepang Instalasi baterai Honda PCX e:HEV (foto: Honda Motor)

KabarOto.com - Empat brand motor asal Jepang yakni Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha serta satu brand aftermarket Eneos makin mantap menghadirkan baterai tukar untuk masa depan motor listrik mereka.

Adapun Gachaco, Inc., sebagai nama perusahan baru yang akan menyiapkan kebutuhan para manufaktur pembuat motor listrik tersebut. Perusahaan ini akan mulai beroperasi pada 1 April mendatang untuk berbagi layanan dan standarisasi baterai tukar untuk motor listrik serta melakukan pengembangan infrastruktur untuk layanan tersebut.

Baca juga: Yamaha Persiapkan Motor Listrik untuk Jegal Honda PCX Electric

Pengumuman nama Gachaco, Inc., dilakukan secara seragam hari Rabu ini, (30/3). Di antaranya, Eneos Holdings, Inc. (President: Ota Katsuyuki; “Eneos”), Honda Motor Co., Ltd. (Director, President and Representative Executive Officer: Mibe Toshihiro; “Honda”), Kawasaki Motors, Ltd., (Representative Director, President and Chief Executive Officer:Ito Hiroshi; “Kawasaki Motors”), Suzuki Motor Corporation (Representative Director and President: Suzuki Toshihiro; “Suzuki”), dan Yamaha Motor Co., Ltd. (President, CEO and Representative Director: Hidaka Yoshihiro; “Yamaha Motor”).

Honda PCX EV yang sudah gunakan baterai listrik

Keikutsertaan Eneos adalah untuk merealisasikan recycling-oriented society dengan membangun “BaaS (Battery as a Service) platform”, untuk kebutuhan mobilitas listrik dan sistem daur ulang baterai. Melalui BaaS ini, Eneos akan menghadirkan solusi tentang keberlangsungan kendaraan listrik, seperti lamanya pengisian ulang, dan kehabisan daya listrik ketika beraktivitas.

Demi kepedulian terhadap dampak lingkungan, baik Honda, Yamaha Motor, Kawasaki Motors, dan Suzuki sepakat untuk spesifikasi sama untuk baterai tukarnya, dan juga mempelajari keberlangsungan terhadap lingkungan. Sekaligus menyebarkan keuntungan dari motor listrik yang ramah lingkungan dan sangat nyaman.

Gachaco dijadwalkan meluncurkan layanan berbagi menggunakan Honda Mobile Power Pack e: yang memang memungkinkan dipakai oleh standar motor listrik, mulai musim gugur 2022, mulai dari Tokyo dan kota besar lainnya di Jepang.

Sedangkan untuk Battery Exchage, Honda Mobile Power Pack Exchanger e:, akan ditempatkan di lokasi yang mudah ditemui, seperti stasiun kereta dan juga tempat pengisian bahan bakar Eneos.

Baca juga: Menteri Perhubungan Dukung Penuh Motor Listrik BL-SEV01 Buatan Mahasiswa

Baterai listrik dari Honda

Ke depannya, Gachaco akan mempromosikan baterai sebagai standar baterai pengganti untuk penggunaan lainnya. Mulai dari penyimpanan energi yang diinstal di fasilitas komersial dan perumahan.

Gachaco bertekad menekan karbon, dan juga lingkup daur ulang dengan membangun jaringan power-supply berbasis baterai, sebagai infrastruktur untuk mobilitas listrik yang mana penggunanya tanpa ragu kehabisan baterai.

Sementara untuk equitasnya, Eneos memiliki 51%, Honda 34%, Kawasaki Motors 5%, Suzuki 5%, dan Yamaha Motors 5%. Sebagai CEO dipercayakan kepada Kazunari Watanabe.