POPULAR STORIES

Ganti Ukuran Pelek Mobil, Bedakah Ukuran Tekanan Anginnya?

Ganti Ukuran Pelek Mobil, Bedakah Ukuran Tekanan Anginnya? Pelek mobil yang sudah diganti oleh pemilik mobil (Foto : KabarOto)

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto ingin mengisi angin ban tapi tidak tahu berapa tekanannya, tinggal lihat stiker di bagian pintu pengemudi sebagai acuan. Namun bagaimana jika Sobat sudah mengganti pelek mobil dengan ukuran berbeda, bedakah tekangan anginnya? Jawabannya berbeda, oleh karena itu harus perhatikan load index pada ban.

Sebagai contoh, misal menggunakan pelek lebih besar dan ban lebih tipis, load index pada ban profil lebih tipis dirancang untuk menopang bobot lebih berat dibanding ban standar, sebab konstruksi dindingnya diperkuat. Agar mendapatkan traksi maksimal, membuat umur suspensi lebih panjang, serta masih nyaman.

Baca Juga : Rekomendasi Pelek Aftermarket Untuk New Honda Brio Tampil Lebih Keren

Biasanya load index akan tertera pada ban setelah keterangan ukuran, misalnya 91H, 91V dan 93W sebagainya.

Misalnya ban standar pabrikan berukuran 195/65 R15 inci, load index 91, di anjuran pabrikan disebutkan tekanan anginnya adalah 32 psi, artinya bobot yang direkomendasikan untuk satu ban adalah 1.227 lbs (bisa lihat keterangan di tabel).

Baca Juga : Ganti Pelek New Honda Brio? Ini Ukuran Ban Yang Cocok

Namun jika mengganti roda dengan ukuran 205/50 R17 dengan load index 93. Maka untuk mengetahui berapa tekanan angin yang tepat, cukup cari pertemuan load index 93 dengan bobot 1.227 lbs yang sudah ditentukan pabrikan mobil, sehingga didapat tekanan 30 psi, maka itu adalah tekanan angin paling ideal.

Tabel panduan tekanan angin :