POPULAR STORIES

Generasi Baru Subaru WRX STI Akan Lebih Bertenaga

Generasi Baru Subaru WRX STI akan Lebih Bertenaga

KabarOto.com – Subaru dikabarkan akan segera menggarap mobil performa tingginya yakni Subaru WRX STI. Mobil yang sering menjadi andalan reli dunia ini memang menarik ditunggu generasi barunya, mengingat rival terberatnya Mitsubishi Evolution sudah tidak memiliki generasi penerus.

Walau belum ada kejelasan bagaimana bentuknya nanti, namun sedikit bocoran bahwa mobil ini akan mendapat sokongan mesin baru yang jauh lebih bertenaga berbanding EJ25 sekarang.

Mesin baru yang sedang digarap Subaru ini nantinya akan berkapasitas 2.4 liter, tetap dengan konfigurasi boxer 4 silinder dibantu turbocharger, dan sisi internal diperkuat. Menghasilkan tenaga puncak 400 dk dan torsi maksimum mencapai 489 Nm.

Baca Juga : Subaru Rilis STI S209 Edisi Terbatas

Sebenarnya Subaru sudah memiliki mesin dengan konfigurasi mirip-mirip yang digunakan pada Legacy dan Outback. Tapi sepertinya tenaganya belum mencapai target, sebab FA24 hanya menghasilkan tenaga 260 dk dan torsi 375 Nm.

Sementara EJ20 dan EJ25 yang digunakan sekarang memiliki tenaga sekitar 308 dk dan torsi 422 Nm, serta EJ25 310 dk dan torsi 393 Nm. Namun versi S209 punya performa lebih gahar dengan 341 dk dan torsi 462 Nm.

Baca Juga : Akhiri Era EJ20, Subaru Luncurkan WRX STI Final Edition Secara Terbatas

Asyiknya lagi, kabar Subaru membangun mesin baru tersebut dengan mencontoh dari apa yang sudah dilakukan Mercedes-Benz khususnya seri A 45, dan GLA 45. Di mana mampu menghasilkan tenaga sebesar 416 dk hanya dari mesin 2.0 liter turbocharger-nya.

Wah, jadi penasaran bagaimana wujudnya tahun 2021 mendatang, apakah akan jadi seperti VIZIV Performance STI Concept yang sempat diperkenalkan beberapa tahun lalu, ataukah berubah total? Kita tunggu saja, sob!