POPULAR STORIES

Cara Gaikindo Agar GIIAS 2020 Tetap Berlangsung

Cara Gaikindo agar GIIAS 2020 Tetap Berlangsung GIIAS 2019

KabarOto.com - Saat Indonesia masuk ke dalam situasi tanggap darurat virus Corona pada awal tahun ini, pemerintah pun langsung melarang seluruh kegiatan yang melibatkan banyak orang di berbagai daerah, seperti pameran. Alasan utamanya untuk mencegah penyebaran virus tersebut di Indonesia. Aturan ini membuat beberapa pameran termasuk otomotif harus ditunda.

Salah satu pameran otomotif yang sudah ditunda adalah Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020. Pameran yang sharusnya berlangsung di JIExpo pada April lalu harus dibatalkan dan menunggu sampai tahun depan.

Baca Juga: GIIAS 2019 Resmi Dibuka Oleh Wapres Jusuf Kalla

Pembukaan GIIAS 2019

Satu lagi event otomotif terbesar yang selalu diselenggarakan setiap tahun, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Event ini rencananya akan diselenggarakan pada semester kedua tahun 2020. Gaikindo selaku penyelenggara GIIAS optimis, virus Corona akan berakhir pada bulan Juni dan kondisi akan kembali pulih pada bulan Juli 2020. Sehingga pameran otomotif terbesar se Asia Tenggara itu tetap akan berlangsung tahun ini.

Meski optimis, namun Gaikindo pun harus membuat penyesuaian, di antaranya menggeser tanggal dan bulan serta mengorbankan dua event di Makassar dan Medan. Dua kota tersebut akan menyelenggarakan GIIAS pada tahun 2021 mendatang.

Sementara itu, tahun ini GIIAS Surabaya akan berlangsung pada 2-6 September 2020, di Grand City Convex Surabaya, serta The 28th GIIAS 2020 akan berlangsung pada 22 Oktober – 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibtion (ICE).

Ketua III Gaikindo sekaligus ketua penyelenggara pameran GIIAS, Rizwan Alamsjah mengatakan, pihaknya harus membuat penyesuaian untuk fokus memenuhi kebutuhan industri dan tetap memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Baca Juga: Mau Mampir Ke GIIAS 2019? Berikut Rute Dan Biaya Yang Harus Disiapkan

"Kami mencapai kesimpulan bahwa menggeser tanggal penyelenggaraan adalah pilihan terbaik," tegasnya dalam siaran pers yang diterima KabarOto, Selasa (5/5). Ia menambahkan, rencana itu berdasarkan prediksi tanggap darurat yang ditetapkan pemerintah serta menimbang waktu persiapan yang dibutuhkan untuk persiapan penyelenggaraan pameran.