POPULAR STORIES

Google Laporkan Masyarakat Indonesia Makin Tertarik Terhadap Kendaraan Listrik

Google Laporkan Masyarakat Indonesia Makin Tertarik Terhadap Kendaraan Listrik KabarOto/ Google

KabarOto.com - Perubahan perilaku konsumen di industri otomotif dan transportasi, menurut pihak Google terlihat dengan jelas dengan penelusuran kendaraan elektrifikasi yang terus meningkat.

Pihaknya menjabarkan, laporan Year In Search 2023 menunjukkan masyarakat kini mulai mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan ramah lingkungan dalam keputusan membeli kendaraan.

Terlihat dengan tidak hanya pencarian kendaraan saja yang meningkat seperti mobil hybrid, motor listrik, sepeda listrik, tapi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU juga melambung tinggi.

Sebagai gambaran, Year In Search 2022: Look back to move your marketing forward, merupakan laporan edisi ke-5 yang menggambarkan perubahan perilaku konsumen Indonesia sebagai referensi bagi pelaku bisnis di berbagai industri.

Baca juga: Doyan Touring? Huawei Bikin Aplikasi Rival Google Maps

Otomotif dan transportasi adalah satu dari sekian industri yang paling terdampak saat pandemi, dan baru-baru ini diperkirakan mencapai tingkat pre-krisis.

Kini lebih banyak komuter yang lebih memilih opsi transportasi yang lebih ramah lingkungan. Laporan YIS tahun ini menunjukkan minat penelusuran untuk “motor listrik” mengalami kenaikan sebesar 110%, termasuk ketertarikan terhadap “mobil hybrid” dan “sepeda listrik” yang masing-masing meningkat hingga 100%.

Selain itu, seiring dengan peningkatan minat terhadap kendaraan terelektrifikasi, di sisi lain, maraknya mobilitas ini pun menjadi faktor yang turut menimbulkan kekhawatiran.

Baca juga: Test Drive BMW I3S - 0% Emisi, 100% Akselerasi

Masyarakat seperti semakin disadarkan dan mulai mempertimbangkan isu-isu terkait sehingga memengaruhi pilihan transportasi mereka.

Beberapa isu tersebut seputar transportasi dan mobilitas juga terlihat meningkat.

  • Penulusuran terkait “tarif tol” yang tercatat mengalami peningkatan penelusuran sebesar 20%.

  • Penelusuran terkait “kenapa macet” juga naik lebih dari 40%.

  • Penelusuran terkait “harga bensin” yang meningkat lebih dari 20%.

Oleh karena alasan tersebut, masyarakat Indonesia pun mulai mencari alternatif lain seperti kendaraan umum sebagai transportasi pilihan mereka. Dapat dilihat dengan minat masyarakat terhadap:

  • Penelusuran “kereta” yang meningkat lebih dari 60%.

  • Penelusuran “busway” dengan peningkatan lebih dari 70%.

  • Penelusuran “MRT” yang meningkat 70%.

  • Penelusuran “ride hailing” yang meningkat 40%.