POPULAR STORIES

Gunakan ETLE, Begini Cara Polisi Tertibkan Parkir Liar

Gunakan ETLE, Begini Cara Polisi Tertibkan Parkir Liar Foto : NTMC Polri

KabarOto.com - Menjadi penyebab kemacetan lalu lintas di sejumlah ruas jalan, penertiban parkir liar terus dilakukan pihak kepolisian, tak terkecuali kawasan Senopati, Jakarta Selatan

Kasat Lantas Wilayah Jakarta Selatan Kompol Bayu Marfiando menegaskan bila pihaknya mengerahkan derek dan menurunkan ETLE mobile untuk menilang kendaraan yang melakukan parkir liar di kawasan Jalan Senopati.

“Senopati menjadi salah satu target penertiban rutin, kita akan turunkan ETLE dan derek untuk penertiban,” kata Bayu, Selasa (18/07).

Baca Juga : Apa Keuntungan Manggunakan Area Parkir yang Dikembangkan dengan Sistem Terkini

Sebelumnya, Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Selatan bersama Dishub telah melakukan penertiban parkir liar di sepanjang Jalan Senopati hingga Gunawarman pada Sabtu (15/07). Hasilnya, puluhan kendaraan kena tilan dan harus diderek.

“Jadi kegiatan ini berawal dari keluhan masyarakat kepada kami khususnya lalu lintas. Bahwa di sepanjang jalur Senopati Gunawarman sering digunakan untuk parkir. Sehingga masyarakat atau pengendara umum yang lainnya merasa terganggu,” jelasnya.

Bayu menegaskan, penindakan ini dilakukan dengan menggandeng instansi terkait, tak terkecuali Dishub dan Satpol PP. Secara total, terdapat 124 personel gabungan yang terjun langsung dalam proses penertiban.

Baca Juga : Sistem Parkir Gunakan Teknologi AI, Bagaimana Penjelasannya?

Dari hasil penertiban, sebanyak 39 kendaraan kena tilang dengan rincian 30 pengendara tidak memiliki SIM dan 9 lainnya tidak dilengkapi STNK. selain itu, ada 6 kendaraan yang harus dilakukan penderekan.

“Derek 6 kendaraan, (disita) SIM 30 kendaraan, STNK 9 kendaraan,” tambahnya.

Bayu menyebut sebelumnya pihak kepolisian sudah melakukan sosialisasi namun tidak diindahkan hingga dilakukan penindakan terkait parkir liar. Adanya penindakan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengurangi kemacetan yang ada terjadi di sejumlah ruas jalan Ibu Kota.