H-7 Lebaran 57.405 Kendaraan Tinggalkan Jakarta, H-6 Diprediksi Akan Lebih Banyak Lagi

H-7 Lebaran 57.405 Kendaraan Tinggalkan Jakarta, H-6 Diprediksi Akan Lebih Banyak Lagi Foto: Jasa Marga

KabarOto.com - Ternyata H-7 Lebaran yang terhitung pada 29 Mei kemarin, sudah banyak sekali yang melaksanakan mudik. PT Jasa Marga Persero mencatat sebanyak 57.405 kendaraan meninggalkan Ibu Kota melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

Baca Juga: Mau Mudik? Cek Kondisi Terkini Persiapan Ruas Tol Trans Jawa

Wah, jumlah ini sangat naik signifikan jika dibandingkan dengan hari-hari biasa loh. Jumlah kenaikannya tidak tanggung-tanggung, yaitu 144,44% atau 23.484 unit kendaraan dari lalu lintas harian. Tentunya ada beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan jumlah kendaraan ini.

Salah satu faktor kenaikan volume lalu lintas pada H-7 Lebaran, merupakan hari terakhir kendaraan melintas di jalan tol. Karena sesuai dengan Permenhub No. 37 Tahun 2019, terdapat pembatasan kendaraan angkutan barang non BBM dan sembako.

Prediksi lain dari Jasa Marga adalah, pada H-6 Lebaran yang jatuh pada (30/05) akan jauh lebih banyak lagi kendaraan yang melintas. Sebagian besar pusat perkantoran di Jakarta memang memberlakukan libur pada 30 Mei bersamaan dengan libur Nasional.

Baca Juga: Rangkaian Fasilitas Dan Rekayasa Lalin Yang Tersedia Di Ruas Tol Menuju Jawa Timur

Nah, diperkirakan sebanyak 74.496 unit kendaraan bakal meninggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama. Jika dibandingkan dengan lalu lintas normal sebanyak 28.689, kenaikan ini meningkat sebesar 159,7%. Adapun pemberlakuan one way (satu arah) terencana akan dimulai pada (30/05).

Baca Juga: Kebijakan Satu Arah Di Tol Trans Jawa Diberlakukan, Perhatikan Tanggal Dan Rutenya

Terdapat kombinasi dua rekayasa lalu lintas contraflow dan one way yang diberlakukan hari ini. Pada pukul 05.30 WIB untuk contraflow, sedangkan pukul 08.00 WIB untuk one way. Sejauh ini kebijakan tersebut terpantau dan terbukti efektif untuk mencairkan kepadatan lalu lintas.

Pasalnya, dalam waktu kurang dari 2 jam sejak pemberlakuan one way, kepadatan setelah GT Cikampek Utama bisa terurai. Sehingga antrean di GT tol tersebut terpantau normal, hanya 6-8 kendaraan saja. Jangan lupa untuk selalu memastikan kondisi kendaraan serta fisik untuk selalu prima, selain itu pastikan juga saldo uang elektronik cukup.

Baca Juga: Siapkan Saldo E-Toll, Ini Tarif Mudik Lebaran Lewat Tol Trans Jawa

Petugas Jasa Marga juga menghimbau melalui rilisnya, "Kepada pengguna jalan yang menggunaka jalur one way, terus perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan."