POPULAR STORIES

Halogen Kurang Terang? Pakai Lampu LED IPF Jamin Terang Sob!

Halogen Kurang Terang? Pakai Lampu LED IPF Jamin Terang Sob! Halogen Kurang Terang? Pakai Lampu LED IPF saja.

KabarOto.com – Lampu menjadi salah satu bagian terpenting dimobil, karena perannya ibarat mata bagi para pengendara dimalam hari. Untuk lampu bawaan pabrik, biasanya lampu mobil hanya menggunakan bohlam halogen biasa, walau sudah banyak juga yang sudah menggunakan LED atau HID.

lampu IPF
Terdapat berbagai jenis lampu IPF yang dijual ASCO Motorsport.

Karena hal tersebut, banyak pabrikan aftermarket yang membuat lampu LED untuk menggantikan bohlam halogen standar. Salah satunya merek IPF asal Jepang.

“Kelebihan lampu IPF ini terdapat pada cut off-nya yang lebih tegas dan tingkat keterangan yang padat. Juga lampu LED ini tidak panas, karena ada fan di belakang lampunya, jadi aman untuk headlamp agar tidak mudah menguning,” ujar Regan, penggawa dari ASCO Motorsport.

Baca juga: Cobain Metode Konmari Supaya Interior Mobil Selalu Bersih

IPF LED ini memiliki tingkat warna bervariasi antara 2800K – 7000K. Biasanya untuk 2800K, digunakan pada fog lamp, karena cahayanya berwarna kuning dan mampu menembus kabut. Sementara untuk lampu utama, biasanya agar terlihat mewah, diganti dengan 5000K-7000K berwarna putih atau lebih kebiruan.

Baca juga : Kenali Dulu Jenis Lampu Bohlam Sebelum Mengganti

Untuk keadaan jalan gelap, bisa terlihat jauh lebih jelas dan terang. Tidak hanya lampu utama dan fog lamp saja, IPF juga memiliki berbagai lampu mobil lainnya seperti lampu kabin, lampu rem, mundur, sein, dan sebagainya sesuai soket loh.

Lampu kecil juga cukup lengkap, seperti lampu mundur, lampu sein, dan sebagainya.

Lengkapnya lagi, IPF menghadirkan lampu kabin yang bisa disesuaikan dudukannya dengan berbagai soket, misalnya memiliki soket T10, model tabung, atau G14. Jadi bisa dibilang lampu kabinnya universal.

Untuk pilihan ukuran lampu kecilnya, IPF memiliki beberapa model soket seperti T10, T16, T20, dan S25. Sementara untuk lampu utama dan fog lamp umumnya pilihan ada H4, H11, HB3/4, dan H16.

Lampu kabin universal yang bisa diganti soketnya.

Asyiknya lagi, untuk fog lamp, ada model yang bisa menyala dengan 2 warna sob, antara putih dan kuning, jadi bisa disesuaikan dengan keadaan jalan. Misalnya di jalanan biasa, bisa menggunakan warna putih, jika jalan berkabut bisa menggunakan yang kuning.

Baca juga : Pahami Fungsi Dan Bagian-Bagian Lampu Pada Kendaraan

Bagi yang suka off-road, IPF juga menjual lampu fog lamp besar dan light bar khusus untuk mobil-mobil off-road yang hadir dalam beberapa ukuran. Jika produk yang ready stock tidak sesuai, ASCO Motorsport juga menyanggupi untuk order langsung dari Jepang kok. Tetapi memang harus sabar, karena prosesnya sekitar 1 bulan.

Contoh penggunaan lampu LED IPF pada malam hari.

Masalah harga, lampu IPF mulai dari Rp 250 hingga Rp 12 juta pun ada. Kita juga tak perlu khawatir saat membeli lampu ini, karena IPF memberikan garansi selama 1 tahun. Jika unit mengalami kerusakan, maka akan diganti dengan yang baru loh, dan instalasi bisa langsung dikerjakan ASCO kok, tidak usah repot-repot pindah bengkel jadinya.