Pahami Fungsi Dan Bagian-Bagian Lampu Kendaraan

Pahami Fungsi dan Bagian-Bagian Lampu Kendaraan foto: wandha

KabarOto.com - Udah pada paham belum sih sama bagian-bagian lampu mobil? Nah, kali ini KabarOto mau kasih tahu bagi yang belum paham bagian-bagian pada lampu mobil termasuk fungsinya.

Pada bagian mobil ada yang disebut, head lamp yang diibaratkan seperti "mata" pada mobil. Dari namanya sudah ketahuan, jika lampu ini adalah unsur yang paling utama. Ternyata tidak hanya malam hari saja, mobil harus menyalakan lampu, ternyata siang hari juga perlu. Ada apa aja, sih?

1. Lampu Jauh, dekat, dan Senja

Bagian lampu yang wajib banget diketahui pengendara adalah Lampu jauh, dekat, dan senja karena penggunaannya yang sering. Nah, low beam (lampu dekat) dan high beam (lampu jauh) diperlukan dalam keadaan atau kondisi berbeda.

Ketika hari sudah gelap dan penerangan jalan tidak cukup memadai, pengendara dapat menyalakan lampu jauh. Biasanya lampu jauh digunakan ditempat yang kurang penerangan dan sepi. Dengan jangkauan yang lebih jauh pengendara mendapat penglihatan berkendara yang lebih jauh.

Tapi hati-hati ya, jika ada kendaraan lain atau pengguna jalan yang lain untuk segera menonaktifkan lampu jauh karena dapat mengganggu pengendara lain karena lampu yang silau.

lampu jauh

Berbeda dengan lampu jauh, lampu dekat perlu dinyalakan ketika hari sudah mulai gelap maupun gelap dalam penerangan sekitar yang cukup. Jadi, walaupun disekitar sudah menggunakan lampu jalan atau penerangan dirasa cukup tetap harus menggunakan lampu dekat pada malam hari.

lampu dekat

Kemudian ada juga nih yang disebut lampu senja. Lampu ini dinyalakan ketika mobil digunakan pada siang hari walaupun hari cerah tanpa perlu tambahan penerangan. Hal ini dilakukan untuk menandai kendaraan sedang digunakan. Nah, lampu ini memang digunakan sebagai fitur keselamatan berkendara. Atau menandakan kendaraan anda disaat hari mulai agak gelap.

2. DRL (Daytime Running Light)

Untuk beberapa mobil modern, DRL akan menyala secara otomatis ketika mobil telah menyala. Fungsi DRL kurang lebih sama dengan lampu senja, sebagai penanda untuk kendaraan lain. Seperti diketahui, kecepatan cahaya itu lebih cepat dari kecepatan suara, sehingga pengendara lebih cepat mengetahui adanya kendaraan disekitarnya mealui cahaya.

drl

"DRL biasanya berbentuk garis dan sudah menggunakan teknologi LED, jadi warnanya lebih terang. Nyalanya juga sudah otomatis waktu mobil dinyalakan," jelas Ananta selaku owner dari Avantgarde.

3. Fog Lamp

Nama lain dari lampu kabut ini biasanya sudah ada di mobil-mobil modern. Ada dua buah, kanan dan kiri yang letaknya dibagian gril. Beberapa mobil juga memiliki fog lamp di bagian belakang dengan warna merah seperti lampu rem. Jangan salah, walaupun biasanya lampu ini lebih terang dari head lamp tapi tidak bisa menggantikan head lamp untuk penerangan malam hari ya.

fog lamp

Fog lamp lebih berfungsi sebagai lampu yang dapat menerobos kabut. Dimana keadaan diluar sedang tertutup kabut tentunya akan berbahaya bagi pengendara dan pengendara lainnya apabila tidak terlihat. Biasanya fog lamp menggunakan LED. Nah, karena sedang sering hujan sebaiknya persiapkan fog lamp dengan warna yang benar ya agar menghindari dari bahaya. Dan biasanya fog lamp ini digunakan untuk membantu penerangan pada lampu dekat.

Kalau kata Ananta, "Karena sekarang sering hujan supaya aman sih pilih warna fog lamp yang lebih kuning. Soalnya kalau putih gitu kan nggak bisa menembus kabut, jadi percuma juga."

4. Lampu Sein

Bagi pengendara jangan sampai lupa menggunakan sein ketika akan berbelok. Kendaraan apa pun, baik motor, mobil, bus atau truk sekalipun tentu dilengkapi dengan sein. Hal ini digunakan untuk memberi tanda ketika kendaraan akan berbelok. Posisinya ada di sudut head lamp.

lampu sein

Tentu gunakan lampu sesuai dengan kebutuhan. Kalau ingin belok kanan dorong gagang kebawah agar lampu sein sebelah kanan menyala. Jangan sampai mengaktifkan sein kanan tapi berbelok ke kiri. Walau terkesan sepele tetapi hal ini sangat membahayakan pengguna jalan lain.

5. Lampu Dim

Pada malam hari, penggunaan klakson sangat diminimalisir karena bising. Sebagai tanda ada yang namanya lampu dim. Jangkauannya cukup jauh sehingga dapat menyampaikan "kode" pada pengguna jalan lainnya. Lampu dim dinyalakan atau berkedip maka bagian lampu jauh yang akan memancar.

6. Hazzard

Berbeda dengan yang lain, cara mengaktifkan lampu hazzard menggunakan tombol. Tombol untuk mengaktifkan lampu hazzard biasanya berada pada dashboard bagian tengah.

Lampu ini digunakan apabila ada keadaan mendesak, darurat, atau sebagai penanda bagi pengendara lain adanya kendala kendaraan tidak bisa bergerak sebagaimana mestinya. Lampu hazzard akan menyala pada bagian lampu sein, lampu akan berkedip-kedip pada empat bagian lampu sein (depan dan belakang).