Hankook Gencar Produksi Ban High-Inch Incar Pasar SUV

Hankook Gencar Produksi Ban High-Inch Incar Pasar SUV Hankook

KabarOto.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa pangsa pasar segmen kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) pada kuartal I-2021 mencapai 25,86%.

Adapun tipe SUV yang sedang digandrungi umumnya yang memiliki kapasitas tujuh penumpang, atau mengacu pada LSUV (Low Sport Utility Vehicle). Ini menandakan, segmen LSUV di Indonesia berpeluang mengungguli segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang selama ini kerap mendominasi pasar otomotif Indonesia.

Produsen ban premium Hankook Tire memandang, daya tarik segmen SUV, khususnya LSUV menguat berkat berbagai keunggulan yang dimiliki kendaraan tersebut, seperti kabinnya yang berukuran besar baik untuk penumpang maupun barang.

"Begitu pula ketangguhan performa di berbagai medan,” ungkap National Sales Manager Passenger Car Radial PT Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono.

Adanya peningkatan pasar yang signifikan pada segmen kendaraan LSUV ini turut disambut baik oleh Hankook Tire. Presiden Direktur PT. Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin, menyampaikan sudah dalam dua hingga tiga tahun terakhir perusahaan gencar menyasar segmen SUV melalui ban high inch-nya.

Baca Juga: Hankook Tire Kembali Jadi Mitra Balap Formula Khusus Wanita

“Meskipun LSUV belum benar-benar mengalahkan dominasi LMPV di Indonesia, perkembangan yang cukup signifikan ini jelas membuka banyak kesempatan besar bagi produsen mobil untuk melakukan diversifikasi penjualan. Hal tersebut juga akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan ban high-inch, yaitu ban dengan ring 18 inch ke atas, yang didesain untuk LSUV,” ujarnya.

Menurutnya, fitur-fitur dan keunggulan SUV perlu didukung oleh karakter ban yang sepadan. Sebagai contoh, ada perbedaan yang signifikan antara segmen mobil LSUV dan LMPV. Ban LSUV terkesan lebih besar dan berat dibanding pada segmen LMPV, sehingga lebih cocok digunakan untuk segala medan, sesuai dengan peruntukan kendaraannya.

Karet ban juga didesain memiliki senyawa yang lebih keras mengatasi keausan ban ketika berhadapan di medan selain aspal. Konstruksi dinding ban dibuat lebih keras dan posisinya lebih ditinggikan dari kendaraan jenis sedan guna menopang bobot besar SUV agar berkendara terasa mulus. Pola tapak yang menonjol dengan blok tapak yang berbentuk lebih persegi demi meningkatkan performa grip pada medan yang lebih kasar.

Setelah memilih jenis SUV yang sesuai, Hankook menawarkan opsi produk ban high-inch untuk menunjang mobil tersebut, yaitu Dynapro HT, Dynapro AT2, & Dynapro MT2. Dengan Dynapro AT2, pengguna bisa menikmati perjalanan di segala medan dengan tapak ban yang didesain khusus untuk ketahanan jarak tempuh panjang dan meningkatkan kenyamanan berkendara dengan mengurangi kebisingan ban melalui teknologi block-chain-nya.

Baca Juga: Tak Hanya Perpanjang Kontrak Dengan UEFA, Hankook Tire Presentasikan Hal Baru

Dynapro HT klaimnya siap untuk memberikan traksi stabil dan daya gulir rendah yang juga dapat mengefisiensikan penggunaan bahan bakar di jalanan beraspal.

Sementara, Dynapro MT2 memberikan durabilitas dan tingkat cengkraman kuat pada medan off-road yang didukung dari fitur pelindung batu dan lumpur, bahu ban yang lebih tebal, dan desain tapak yang lebar untuk tarikan kuat sehingga memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan tidak berisik di medan off-road.