Harley-Davidson Bronx, Calon Primadona Baru Generasi Muda?

Harley-Davidson Bronx, Calon Primadona Baru Generasi Muda? Penulis: Bagas/Foto: Harley-Davidson

KabarOto.com - Bosan dengan bentuk Harley-Davidson yang sekarang. Tenang saja, pabrikan asal Amerika ini akan meluncurkan motor baru. Tidak diproduksi di Amerika, melainkan di Thailand, dilansir dari 2banh.vn.

Sebelumnya prototipe model ini sudah dipamerkan di EICMA tahun lalu, dengan nama Harley Davidson Bronx. Bukan tipe Softail, Street ataupun Roadster, melainkan Streetfighter. Model motor yang terkenal akan rasa petualangan dan tentu saja model ini, baru pertama kali dibuat.

Baca juga: Harley-Davidson Akan Hadirkan Banyak Pilihan Kendaraan Listrik

Dilansir dari RideApart, Harley sedang memperbarui generasi pengendara dalam mereknya. Oleh karena itu Bronx masuk untuk mengait segmen sepeda motor golongan muda. Berselang hampir satu tahun, Harley akhirnya mengeluarkan citra gambar pertama dan informasi sementara mengenai model ini.

Seperti disebut di atas, model ini lebih mirip ke aliran Streetfighter. Overall model ini memberikan tampilan yang padat, sekaligus menawan dikarenakan ruang kosong nyaris tidak ada, terhalang oleh mesin.

Mengenai bodywork, tampilan tegas terlihat dari belakang ke depan, dengan dedikasi terhadap mesin Revolution Max, memberikan komposisi yang kompak dan ruang yang cukup, untuk jalur intake-flow.

Bila kita ke depan, Bronx tidak akan menampilkan sistem infotaiment yang biasa ada di Harley. Hanya terpasang pengukur tunggal, yang terletak di tengah setang.

Lanjut ke bawah, saat pameran sebelunya, unit ini belum menggunakan rem dengan ABS. Hmm mungkin menarik kalau dipasang ABS pada model ini. Turun lebih jauh, terlihat sepasang cakram yang disandingkan kaliper Brembo.

Baca juga: Dua Motor Harley-Davidson Ini Kesayangan Habibie

Dapur pacu model ini. Pertama, pakai mesin versi terbaru Revolution Max dengan kapasitas silinder 975 cc. Menggunakan konfigurasi V-twin, 600, berpendingin cairan yang jauh berbeda dari model pushrod Harley yang biasa.

Kedua, walau pakai mesin berkapasitas kecil, tenaga yang dihasilkan lebih dari 115 dk dengan torsi lebih dari 94 Nm. Bahkan untuk versi 1.250 cc, model ini berhasil menghasilkan tenaga lebih dari 145 dk dan torsi lebih dari 122 Nm.

Cuma segitu saja info mengenai dapur pacu model baru ini. Namun mesin Revolution Max, sebenarnya sudah digunakan di tipe V-Rod yang kini telah dihentikan. Konfigurasinya V-twin, 600, berkapasitas 1.131 cc. Mesin ini diperkenalkan pada tahun 2001 dan diikuti generasi Revolution X, yang terpasang pada Street 750 dan 500.

Baca juga: Seperti Ini Sosok Harley-Davidson Yang Diselundupkan Di Pesawat Garuda Indonesia

Model ini menambah jajaran model 975 cc dan 1.250 cc. Lalu kapan keluarnya??? Menurut beberapa media luar, model ini akan rilis pada 2021 atau 2022. Sementara Harley-Davidson sendiri belum ada pernyataan resminya.

Dilansir dari Rideapart, LiveWire butuh waktu 5 tahun hingga modelnya benar-benar diluncurkan. Sebagai model 2021, kemungkinan Bronx akan diluncurkan pada akhir musim panas atau di musim gugur 2020.

Dilansir dari Cycleworld sendiri, pada tahun 2022, Harley-Davidson berencana untuk memiliki 9 model Streetfighter/standar pada platform kelas menengah baru, serta 2 tipe petualang dan 5 jenis custom.

Sobat KabarOto, tunggu informasi selanjutnya dari kami.