Hasil F1 GP Styria 2021: Max Verstappen Kian Mendominasi

Hasil F1 GP Styria 2021: Max Verstappen Kian Mendominasi

KabarOto.com – Max Verstappen (Red Bull Racing) setelah kali pertama berhasil meraih Pole Position di Red Bull Ring, pembalap asal Belanda itu mampu mendominasi sejak awal pertandingan hingga menang sepanjang 71 lap. Berhak mengklaim kemenangan ke-14 dalam karirnya, dan yang ketiga kalinya di trek Austria ini.

Sementara di posisi kedua dan ketiga ditempati oleh dua pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton harus berpuas diri dengan podium kedua, sementara Valtteri Bottas berhasil bangkit setelah start P5 akibat penalti tiga baris start dan finis posisi tiga.

Baca Juga : Mulai 2023 Formula 1 Rusia Pindah Ke St.Petersburg

“Saya sangat senang bisa menang di sini dan melakukannya di kandang sendiri, Red Bull Ring, begitu istimewa," ujar Verstappen.

Dirinya mengakui menjalani balapan yang sangat menyenangkan, mobil bekerja dengan baik dan selalu menikmati berkendara di trek ini. Saya hanya fokus pada diri saya sendiri. Berkonsentrasi mencapai puncak di tempat yang saya inginkan, menjaga kompon ban dan semuanya tanpa kendala."

Secara keseluruhan, pembalap bernomor 33 ini memiliki akhir pekan yang sangat positif dan tentu saja itu tidak akan sepenuhnya sama untuk balapan berikutnya. "Kami tentu saja akan mencoba dan melakukan yang lebih baik lagi dan terus meningkatkan diri kami sendiri sehingga dapat tetap unggul."

Hamilton yang finis posisi dua mengakui balapan kali ini seperti sendirian - mencoba mengejar Red Bull tetapi dengan kecepatan yang mereka miliki, "Mereka jelas membuat beberapa peningkatan besar selama beberapa balapan terakhir dan tidak mungkin untuk mengikutinya."

Yup, pembalap Inggris tersebut tertinggal hingga 35,743 detik dari Verstappen di garis finis. "Saya tidak tahu mengapa kami selalu kalah, saya pikir long run mereka tampaknya sedikit lebih baik, ditambah di trek lurus rasanya kami kalah banyak."

Hamilton menanggapi ini adalah tantangan serius, tim perlu mencari tahu apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan paket dan memberi lebih banyak kemampuan mobil. Namun dirinya masih berbesar hati, karena balapan kali ini adalah hasil yang sangat bagus untuk mendapatkan posisi kedua dan ketiga. "Kami mendapat poin bagus sebagai tim hari ini dan kami harus terus semangat."

Adapun Bottas dari tempat memulai balapan posisi 5, berpikir memaksimalkan balapan, "Mulai dari posisi kelima dan finis ketiga adalah hasil yang layak."

Akibat terlalu ngotot, tidak banyak yang tersisa di ban pada akhirnya, "Hari ini lebih seperti reli di Lapland Finlandia daripada F1 di Austria! Red Bulls tampaknya dua persepuluh lebih cepat dari kami setiap putaran saat ini, tentu ini ketertinggalan."

Balapan kali ini diakuinya berhasil mengalahkan salah satu dari mereka yang bagus (Sergio Perez) tetapi masih perlu meningkatkan mobil untuk bisa kencang untuk bersaing meraih kemenangan. "Kami perlu menerima bahwa mereka unggul saat ini dan menggunakannya sebagai motivasi."

Bottas senang bahwa balapan F1 Styria adalah akhir pekan yang memuaskan, "Meski terkena penalti - dan P2 di kualifikasi, dan finis podium adalah positif dan saya menantikan minggu depan."

Melanjutkan hasil balapan, P4 diisi oleh rekan setim Verstappen, Sergio Perez (Red Bull Racing) yang kehilangan kesempatan naik podium lagi. Perez terkendala dengan penggunaan kompon lunak dan ada masalah terlalu lama saat pit stop dan posisinya direbut oleh Bottas. Lalu di belakang ada wakil dari McLaren, yakni Lando Norris di mana posisi P5 itu sama dengan musim lalu.

Sementara pasangan Scuderia Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc secara berurutan mengambil P6 dan P7, setelah mimpi buruk mereka Grand Prix Prancis tanpa poin, mereka akhirnya punya balapan yang jauh lebih baik di Austria.

Baca Juga : Alfa Romeo Pakai Livery Spesial 111 Tahun di F1 Styria

Lalu sisanya ada Lance Stroll (Aston Martin) finis kedelapan, lalu Fernando Alonso (Alpine) dan Yuki Tsunoda (AlphaTauri) berhasil bangkit meraih P10 setelah harus turun grid ke 11.

Sementara nasib buruk jatuh pada pembalap AlphaTauri, Pierre Gasly karena tersingkir di lap pertama akibat pecah ban saat kontak dengan Leclerc. Dan, George Russell (Williams) karena masalah power unit-nya.

Hasil F1 GP Styria 2021 :