POPULAR STORIES

Hasil Tes Pramusim F1 2022, Hari Kedua Charles Leclerc Tercepat

Hasil Tes Pramusim F1 2022, Hari Kedua Charles Leclerc Tercepat Sumber: Formula 1

KabarOto.com – Hasil tes pramusim di sirkuit Barcelona-Catalunya memasuki hari kedua Kamis kemarin (24/2), para pembalap melakukan puluhan hingga ratusan lap untuk menguji mobil dengan spesifikasi sesuai regulasi 2022.

Pada hari pertama, di sirkuit sepanjang 4,675km, Lando Norris (McLaren) berhasil menjadi pembalap tercepat dengan 1:19,568 detik. Hari kedua, Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) jadi tercepat walau waktunya lebih lama yakni 1:19,689 detik menggunakan ban C3, usai menyelesaikan 79 lap.

Baca juga: Alfa Romeo C42 Tes Pramusim Pakai Livery Unik

Leclerc tak ingin besar kepala catatkan P1

"Hasil luar biasa di Barcelona kali ini! Kami banyak melakukan putaran, itulah yang paling dihitung. Tekad kami adalah sebanyak mungkin catatkan kilometer, agar bisa merasakan perbedaan setiap pengetesan," ujar Leclerc.

Pembalap bernomor 16 ini juga menggaris bawahi tak terlalu besar kepala dengan hasil, karena posisi tercepat tak berarti apapun di sini. "Kami harus bekerja keras. Jumat (25/2) adalah latihan final di Barcelona dan harus banyak masukan sebelum beralih ke Bahrain," tegasnya.

Urutan kedua dan ketiga diisi oleh Pierre Gasly (AlphaTauri) dan Daniel Ricciardo (McLaren) yang menyelesaikan waktu masing-masing 1:19,918 detik dan 1:20,288 detik.

"Senang rasanya bisa teratas. Semuanya berjalan lancar bisa memahami bagaimana kinerja mobil, sangat positif. Ketika di paddock saya semakin percaya diri masuk di mobil dan merespons sesuai keinginan," ujar Gasly.



Adapun Gasly yang mengelilingi sirkuit sebanyak 147 kali di tes pramusim hari kedua mengakui masih banyak yang harus dikerjakan. Dirinya lebih fokus kinerja mobil sesuai dengan karakternya. "Hari ketiga akan eksplorasi lagi beberapa perbedaan di setelan, karena ada gagasan bagus yang akan dicoba dan yakin akan meningkatkan kemampuan," jelasnya.

George Russell (Mercedes-AMG Petronas) juga sudah menunjukkan penyesuaian yang cepet dengan hasil 1:20,537 detik. Diikuti oleh Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) mencatat waktu 1:20,546 detik usai melibas 71 lap.

Andrew Shovlin, Trackside Engineering Director Mercedes-AMG Petronas mewakili George Russell, bahwa sangat produktif hingga sesi petang hari dan banyak masukan untuk setelan dan program ban.

"Kami masih banyak hal yang harus dikerjakan untuk peningkatan performa dan juga mempelajari setiap putaran lap agar bisa lebih kencang lagi. Banyak hal disibukkan hari ketiga, serta banyak setelan harus dilakukan dan ban lebih lunak untuk musim ini," jelas Shovlin.

Sebastian Vettel (Aston Martin) mencatat waktu 1:20,784 detik menggunakan ban C3. Diikuti oleh Sergio Perez (Red Bull Racing) dengan waktu 1:21,430 detik.

Baca Juga : Sebastian Vettel Ogah Balapan Di Rusia

Nikita Mazepin (Haas) sempat mengalami masalah dengan mobilnya terkait pompa bahan bakar, membuat bendera merah sempat dikibarkan. Namun pembalap Rusia itu mampu menunjukkan hasil 1:21,512 detik, membuatnya jadi pembalap kedelapan tercepat dalam sesi pramusim kedua.

Alex Albon (Williams) juga menunjukkan bahwa kualitasnya sebagai pembalap masih layak bersaing. Dalam sesi yang berjalan 47 lap, Albon berhasil mencatat 1:21,531 detik. Sementara urutan 10 besar ditutup oleh pembalap baru asal China, Guanyu Zhou (Alfa Romeo) 1:21,885 detik yang melahap 71 lap dengan ban C3.