Hennessey Venom F5 Revolution Coupe, Hasil Rekayasa Ulang Untuk Peningkatan Performa

Hennessey Venom F5 Revolution Coupe, Hasil Rekayasa Ulang untuk Peningkatan Performa Foto & Sumber: Hennessey Performance

KabarOto.com - Produsen hypercar yang berbasis di Texas, Amerika Serikat, belum lama ini meluncurkan versi baru Hennessey Venom F5. Telah direkayasa ulang secara komprehensif untuk meningkatkan performa, inilah Venom F5 Revolution Coupe.

Menggunakan basis Hennessey Venom F5 Coupe, kemudian direkayasa ulang selain performa juga untuk mendapatkan handling dan downforce lebih baik. Paling menonjol adalah peningkatan pada aerodinamika dengan 0.39 Cd, suspensi, pendinginan mesin, dan telemetri digital yang dikerjakan ulang secara komprehensif.

Baca juga: Hennessey Venom F5 Produksi Ke-10 Diterima Pemilik Saat Berlibur

Menggunakan basis Hennessey Venom F5 Coupe

Tim teknik juga fokus pada pengurangan massa. Berkat fokus sistematis pada pengurangan berat, model yang diasah dengan balapan ini memiliki bobot di bawah 1.360 kg, ini adalah model Venom F5 yang paling ringan.

"Sejak awal, kami merancang hypercar Venom F5 agar ultra-ringan dan sangat bertenaga, dengan dinamika yang sesuai. Jadi, mengambil bahan-bahan ini dan menambahkan aerodinamika, suspensi, dan persneling yang berfokus pada trek, memungkinkan kami untuk menciptakan mesin yang merupakan pengalaman berkendara yang mendalam dan emosional," ujar John 'Heinrocket' Heinricy selaku Chief Engineer.

Mencerminkan semua model Venom F5 lainnya, dipasang di tengah sasis monokok serat karbon adalah mesin V8 twin-turbocharged Hennessey yang terkenal dengan tenaga 1.817 dk. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui gearbox kopling tunggal otomatis yang kuat yang dikalibrasi untuk penggunaan kompetitif.

Baca juga: Hennessey VelociRaptor 400 Bronco, Terbatas 200 Unit

Mesin V8 twin turbo 6.600 cc menjadi jantung pacu Hennessey Venom F5 Revolution Coupe

Mencerminkan semua model Venom F5 lainnya, dipasang di tengah sasis monokok serat karbon adalah mesin V8 twin-turbocharged Hennessey yang terkenal dengan tenaga 1.817 dk pada 8.000 rpm dan torsi sebesar 1.617 Nm pada 5.000 rpm. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui gearbox kopling tunggal otomatis yang kuat yang dikalibrasi untuk penggunaan kompetitif.

Belum diinfokan akselerasi mobil ini, namun dipastikan akan memiliki kecepatan akselerasi setara hypercar yang ada. Oleh karena itu, untuk penghenti laju mengandalkan rem cakram 390 mm karbon keramik dengan kaliper 6 piston di depan dan 4 piston di belakang sebagai perlengkapan standarnya.

Penambahan sayap belakang berukuran besar dari bahan serat karbon, sayap bisa disetel menyesuaikan sudut kemiringan. Sayap ini juga dilengkapi pelat kuat untuk menahan udara bertekanan tinggi di atasnya, hal ini akan memberikan gaya tekan untuk memaksimalkan downforce.

Baca juga: Paket Upgrade Hennessey Performance Buat Ford Mustang GT500 Layaknya Hypercar

Splitter depan yang jauh lebih besar, dibuat dari serat karbon, melengkapi sayap belakang dan diffuser belakang. Selain itu, F5 Revolution Coupe dilengkapi dengan central air scoop baru yang dipasang di atap, mengantarkan udara dingin segar ke ruang mesin F5, secara efektif membantu menurunkan suhu komponen.

Suspensi depan dan belakang menggunakan model double-wishbone yang bisa diatur, dilengkapi dengan peredam yang dapat disesuaikan dan dikalibrasi sesuai trek. Sehingga mengoptimalkan sistem suspensi untuk jalur jalan raya, sirkuit balap, atau trek tertentu.

Mengandalkan pelek ukuran berbeda yakni 19 inci untuk depan dengan ban 265/35ZR19, sedangkan di belakang menggunakan pelek 20 inci dengan ban 345/30ZR20. Terakhir, pemilik Venom F5 Revolution ditawari sistem telemetri trek on-board digital yang mampu mengukur berbagai titik data. Ini termasuk waktu putaran, split, gaya G menikung, dan banyak lagi. Sistem memungkinkan pengemudi untuk memantau telemetri secara real time, atau data dapat disimpan untuk analisis atau pengarsipan nanti.

"Venom F5 Revolution Coupe yang baru menggabungkan mesin kami yang luar biasa dengan sasis paling ringan. Hypercar, yang luar biasa cepat, nyaman di sirkuit balap tempat penanganan terbaik adalah yang terpenting. Mobil ini juga menawarkan kegesitan layaknya jet tempur, namun dengan pembangkit tenaga seperti roket Saturn V!" pungkas John Hennessey selaku pendiri dan CEO Hennessey Performance.

Hennessey Venom F5 Revolution Coupe melakukan debut publik globalnya di Miami Motorcar Cavalcade Concours d'Elegance pada 15 Januari 2023 kemarin. Dengan harga $2,7 juta (setara Rp 40,7 miliaran) dan terbatas hanya 24 unit.