POPULAR STORIES

Honda Akan Menguji Sasis Baru RC213V Di Tes Tertutup Jerez 2023

Honda Akan Menguji Sasis Baru RC213V di Tes Tertutup Jerez 2023 Marc Marquez saat menjalani tes Portimao 2023 (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Tim Honda akan menguji sasis baru dalam sesi tes tertutup di Circuito de Jerez, Spanyol, Senin (10/4).

Sasis baru tersebut dipesan dari pabrikan Jerman yaitu Kalex yang telah dipakai sejak September tahun lalu di tes San Marino.

Baca Juga : Honda Tunjuk Kalex Untuk Membuat Sasis Motor 2023

Pengujian sasi baru bakal dipimpin oleh insinyur Ramon Aurin dengan test rider, Stefan Bradl. Rencananya, sasis baru ini akan diuji dalam sesi tes resmi usai GP Spanyol pada 1 Mei mendatang.

Namun, hasil yang tidak jelas dari motor 2023 selama tes pramusim hingga GP Argentina, membuat pihak Honda memutuskan untuk melakukan tes lebih awal.

Honda jajal lengan ayun Kalex pada musim lalu

Bradl akan bertanggung jawab bersama dengan data yang diambil oleh para insinyur dari tes tersebut. Nantinya, akan diputuskan sasis baru ini apakah memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja RC213V atau tidak. Jika hasilnya positif, sasis Kalex ini akan digunakan oleh Marc Marquez di GP Austin, jika dirinya sudah pulih dari cedera.

Sementara, Alex Rins (LCR Honda) tengah menggunakan sasis tersebut. Dengan mundurnya Marquez membuat pihak HRC menyediakan sasis ketiga untuk Rins di Argentina.

“Saya tidak melihat perbedaan besar, saya sudah mencoba keduanya dan dengan yang baru tidak banyak membawa perubahan. Sayangnya, beberapa suku cadang yang dibawa Honda tidak bekerja seperti yang diharapkan,” ungkap Marc Marquez usai melakukan sesi tes di Portimao.

Tetapi saat menjalani MotoGP Portugal 2023, Marquez memiliki performa yang cukup bagus dan mampu meraih pole position. Sayangnya, pembalap bernomor 93 itu tidak bisa melanjutkan balapannya usai menabrak Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) di sesi Sprint Race dan mengalami cedera.