POPULAR STORIES

Honda Civic Type R Kembali Pecahkan Rekor

Honda Civic Type R Kembali Pecahkan Rekor

KabarOto.com – Raihan rekor membanggakan kembali diraih oleh mobil performa tinggi lansiran Honda, setelah sebelumnya memecahkan rekor sebagai mobil penggerak depan tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman. Kali ini Honda Civic Type R kembali mencatat kembali hasil baik di sirkuit Bathurst, Australia.

bath

Dikendarai oleh mantan pembalap F1 yang pernah menjuara dunia F1 tahun 2009, Jenson Button. Civic Type R mampu menorah hasil waktu 2:35.207, dimana hasil tersebut didapat setelah menyelesaikan lap yang panjangnya 6.2 km, dengan 23 belokan. Hasil itu juga didapat setelah melakukan 14 kali lap di pagi dan sore hari.

Baca juga : Kali Ini Honda Civic Type R Terbuat Dari Lego

“Apa pun yang dikendarai di sekitar Mount Panorama sangat menakjubkan. Di seberang gunung, Type R begitu cepat melewati itu, jadi begitu saya mengikuti ritme dan terbiasa dengan kecepatannya, itu benar-benar pengalaman menyenangkan, ” kata Button.

Torehan tersebut juga membuat Button terkesan dengan performa Type R, “Itu adalah waktu yang cepat, 2 menit dan 35 detik adalah waktu yang sangat baik untuk mobil penggerak roda depan, dan itu masih termasuk cuaca panas juga, jadi saya pikir jika cuaca lebih dingin, Civic bisa mendapat waktu sedikit lebih cepat lagi, tapi aku merasa sudah mengeluarkan semua kemampuan dari mobil,” lanjutnya dalam sebuah sesi wawancara.

Baca juga : Ulasan Lengkap Tentang Sejarah Honda Civic Type R

Waktu cepat itu juga tidak melupakan bantuan mesin berkode K20C1 yang memiliki kapasitas 2.0 liter turbocharger, dengan tenaga mencapai 306 dk untuk versi Amerika, Asia, dan Afrika, dan juga 316 dk untuk pasar Eropa dan Jepang. Torsi maksimal mencapai 600 Nm, dan hanya terdapat pilihan transmisi manual 6 percepatan, dengan penggerak roda depan.

Performanya tidak diragukan deh, 0-100 kpj diselesaikan dalam 5,9 detik saja loh. Lalu kecepatan maksimal bisa digeber hingga 272 kpj.

Di Indonesia sendiri, Civic Type R sudah dijual secara resmi oleh Honda, dengan harga mencapai Rp 1,05 miliar.