Honda Civic Type R Limited Edition Resmi Menjadi Safety Car Balap WTCR

Honda Civic Type R Limited Edition Resmi Menjadi Safety Car Balap WTCR Honda Civic Type R Safety Car (Honda)

KabarOto.com - FIA World Touring Car Cup (WTCR), merupakan salah satu ajang balap mobil yang cukup bergengsi di dunia. Mobil yang digunakan di ajang tersebut, sudah mengalami peningkatan performa, sehingga memiliki kecepatan yang tinggi.

Tentu saja, tidak sembarang mobil yang dapat terpilih menjadi safety car di ajang tersebut. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya adalah kecepatan.

Baca Juga: Bugatti Dan Jacob & Co. Kolaborasi Buat Koleksi Jam Seharga Rp8,7 Miliar

Bila ajang Formula 1 menggunakan Sefety Car buatan Mercedes-AMG, WTCR resmi mengumumkan akan menggunakan Honda Civic Type R Limited Edition, yang akan digunakan sebagai pengawal jalannya lomba.

"Honda Civic Type R Limited Edition, telah dipilih sebagai safety car resmi untuk musim FIA World Touring Car Cup (WTCR) 2020. Kami telah mengumumkannya dari markas Honda Motorsport di Milan, Italia," terang Honda.

Tampilan makin sporty

Seperti penampilan safety car lain, Honda Civic ini juga tampil dengan lapisan grafis di seluruh bagian bodinya. Warna aslinya sendiri menggunakan Sunlight Yellow, merupakan warna standar Civic R Limited Edition untuk pasar Eropa.

Selanjutnya, mobil hatcback buatan pabrikan asal Jepang itu juga dibekali berbagai peralatan komunikasi dan keselamatan, untuk memenuhi perannya. Rencananya, Civic Type R Limited Edition akan disediakan sebanyak 4 unit dalam ajang tersebut.

Baca Juga: AMG GT R, Safety Car F1 Paling Bertenaga

Menurut jadwal, Musim WTCR 2020 akan terdiri dari enam putaran di Eropa. Gelaran perdana tahun ini akan dimulai di Salzburgring, Austria pada tanggal 12-13 September.

Disediakan sebanyak 4 unit

Membahas teknisnya, sebagai tenaga penggerak Civic edisi khusus ini ditenagai oleh mesin 2.000 cc VTEC Turbo bertenaga 320 dk pada 6.500 rpm dan torsi 400 Nm dari 2.500 hingga 4.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual enam percepatan. Kemampuan akselerasinya terbilang mumpuni, karena dapat melesat dari 0 hingga 100 kpj hanya dalam waktu 5,7 detik.

Kemampuan di sirkuit, Civic Type-R Limited Edition memakai pelek ringan forged alloy diameter 20 inci lansiran BBS. Ban dipercayakan Michelin Pilot Sport Cup-2.

Perihal jurus meringankan tubuh, Civic Type-R bisa kian enteng 47 kg. Diyakini berkat dicopotnya beberapa komponen di interior. Tentunya berdampak laju kian kencang, Untungnya sudah disematkan cakram model floating.