POPULAR STORIES

Honda Civic Type R S Grade Minim Fitur Tapi Lebih Ringan

Honda Civic Type R S Grade Minim Fitur Tapi Lebih Ringan Foto : Honda.

KabarOto.com - Honda Civic Type R FL5 beberapa waktu lalu sempat memecahkan rekor sebagai mobil penggerak depan tercepat di Nurburgring. Namun rupanya mobil itu bukan Civic Type R biasa, melainkan S Grade yang hanya ada di pasar Eropa.

Waktu yang dicetak saat itu di Nurburgring Nordschleife dengan mencapai waktu 7:44,881 detik, dan pernyataan itu ditegaskan oleh Honda. "Waktu putarannya diatur menggunakan Type R yang merupakan versi lebih ringan dari model terbaru. Model ini hanya akan tersedia untuk dipesan di pasar setir kiri di Eropa, dan akan disebut sebagai grade Tipe RS," bunyi pernyataan itu.

Meski begitu, bukan fitur yang ditambah pada varian tersebut. Justru pengurangan fitur dari Civic Type R yang kita kenal. Tujuannya pun sederhana membuat mobil lebih ringan.

Baca Juga : Pernak Pernik Spoon Sports Siap Dandani Honda Civic Type R FL5

Fitur yang dirasa tidak perlu untuk performa dibuang, Misalnya saja motor spion hanya bisa diatur manual, lalu head unit juga tidak ada, begitu pula AC. Serta fitur auto dimming di spion, dan penutup tonneau di belakang pun ikutan hilang.

Baca Juga : Proyek Honda S2000R Dari Evasive Motorsports

Mobil ini dibekali ban Pilot Sport Cup 2 Connect dengan ukuran sama seperti standarnya yakni 19 inci, memiliki ukuran 265/30 R19. Sementara standarnya menggunakan Michelin Sport 4 S dengan ukuran sama.