Kompetisi Untuk Menguji Keterampilan Teknisi Dan Service Advisor AHASS

Kompetisi untuk Menguji Keterampilan Teknisi dan Service Advisor AHASS

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kompetisi teknik sepeda motor Honda. Kompetisi ini diikuti para Teknisi dan Service Advisor Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Bertajuk Keahlian Teknisi Terbaik untuk Kepuasan Pelanggan Honda, Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2019 ini diselenggarakan oleh AHM bersama jaringannya.

Kontes yang diselenggarakan di Semarang ini memasuki tahun penyelenggaraannya ke-26. AHM-TSC pun menjadi sebuah jembatan menuju salah satu kompetisi teknisi tingkat dunia. Yaitu Honda Global Technician Contest 2021 di Jepang.

Baca Juga: Hadirkan Pelayanan Cepat, AHASS Di Jakarta Dan Tangerang Dibanjiri Jutaan Konsumen

Seleksi awal kompetisi ini diikuti oleh 20.224 teknisi dan 3.399 Service Advisor AHASS. Kemudian dilakukan penyaringan lagi dan berhasil mendapatkan 5.522 teknisi dan 1.697 Service Advisor AHASS dari seluruh Indonesia pada periode Januari-Juli 2019.

Tidak sampai di situ, proses seleksi masih terus berlanjut melalui tahapan regional. Seleksi ketat ini berhasil memilih 28 teknisi dan 28 Service Advisor terbaik dari AHASS se-Indonesia. Mereka siap berkompetisi di tingkat nasional.

Baca Juga: Diler Serta Bengkel Honda Di Jakarta Dan Tangerang Berlakukan Transaksi Non Tunai

Uji kompetensi pada AHM-TSC 2019 dirancang dengan mengacu pada penerapan Injeksi PGM-FI Honda dan teknologi motor Honda terbaru. Kalibrasi pengujian untuk teknisi meliputi uji teori, analisa masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang dan penanganan masalah pada sepeda motor.

Sedangkan para Service Advisor, mereka diuji dalam hal teori, teknik, dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang telah ditetapkan. Selain itu mereka juga diuji dari sisi praktik melayani konsumen.

Kompetisi ini merupakan salah satu gelaran tahunan. Gunanya untuk mengukur dan menguji kesiapan teknisi maupun Service Advisor dalam melayani konsumen. Selain itu, pemenang dalam kompetisi ini bisa mendapat kesempatan untuk bersaing di level lebih tinggi, yaitu Asia Oceania bahkan dunia.

Baca Juga: Ini Untungnya Pengguna Motor Honda Pakai Aplikasi Wanda

"Tujuan besar kami menyelenggarakan AHM-TSC agar dapat mengukur dan mengkalibrasi kemampuan, keterampilan, serta kompetensi para teknisi maupun service advisor AHASS sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen," ujar Wedijanto Widarso selaku GM Technical Service Division AHM.

Berikut nama pemenang dari Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2019:

Kategori Teknisi

No. Nama Main Diler
1. Agung Prasetyo Astra Motor Jawa Tengah
2. Ahmad Nur Samsurianto PT Mitra Pinasthika Mulia - Surabaya
3. Syahrul Mubarak Astra Motor Makassar

Kategori Service Advisor

No. Nama Main Diler
1. Masngudin PT Daya Adicipta Motora
2. Agus Darmawan PT Capella Dinamik Nusantara Aceh
3. Ariyo Seno Adi Andani PT Mitra Pinasthika Mulia - Surabaya