POPULAR STORIES

Honda Kenalkan Benly E, Lancar Berbisnis Tanpa Emisi

Honda Kenalkan Benly e, Lancar Berbisnis Tanpa Emisi Honda Motor

KabarOto.com - Salah satu pabrikan otomotif asal Jepang, Honda pada tahun 2030 memiliki visi menciptakan masyarakat bebas karbon. Honda melalui kendaraan listrik terbaru bernama Benly: Business EV Scooter atau Benly e. Skutik ini sempat diperkenalkan saat Tokyo Motor Show 2019.

Baca Juga: Motor Listrik New Robin Dari Selis, Ringkas Banget!

Benly e mulai dipasarkan pada 2020, tentunya semakin menambah varian skutik elektrik, nih! Sebagai kendaraan listrik Benly e memiliki banyak keuntungan, salah satunya nol emisi CO2. Pengoperasiannya juga sangat tenang karena tidak menimbulkan suara apapun. Skuter listrik ini juga tidak menghasilkan polusi.

Saat ini delivery order makanan sangat menjamur, fenomena ini tidak hanya di Indonesia, loh. Menurut Honda, Benly e sangat cocok untuk digunakan sebagai transportasi mengirim makanan karena kebersihan yang dimiliki. Selain itu, bagian belakang jok sudah dilengkapi dengan rak yang bisa digunakan untuk meletakan barang besar seperti box makanan.

Skuter listrik ini ditenagai oleh dua Honda Mobile Power Packs atau baterai lithium. Daya yang terpasang di Benly e sama seperti yang digunakan PCX Electric. Sehingga, baterainya memungkinkan untuk ditukar dengan kendaraan lain seperti PCX Electric maupun robot.

Honda juga menyediakan vending machine untuk kemudahan dalam penukaran baterai. Apabila konsumen memiliki beberapa baterai, skuter dapat beroperasional hingga 24/7, sob! Baterai LiFePo4 (LFP) yang terpasang memiliki keunggulan 1.000 kali penggunaan.

Oh iya, untuk sekali penggunaan baterai, dapat menempuh jarak 87 km dengan catatan kecepatan konstan tertinggi 30 kpj. Sedangkan bila dibawa ngebut hingga 60 kpj secara konstan, baterai hanya bisa menempuh jarak 43 km. Jadi, gunakan secara bijak energi baterainya, sob!

Benly e memiliki dimensi panjang 1.820 mm, lebar 710 mm, dan tinggi 1.025 mm dengan jarak sumbu roda 1.280 mm, sementara beratnya 125 kg. Skuter matik yang dilengkapi dengan keranjang depan ini mampu melesat hingga 80 km dengan kecepatan rata-rata 30 kpj.

Honda menyematkan lampu LED berbentuk hexagonal yang menambah kesan unik. Seperti sepeda motor pada umumnya, Benly e sudah menggunakan tampilan digital pada speedometernya. Saat ini Honda baru menyediakan satu pilihan warna saja yaitu putih. Perihal ban, untuk depan gunakan profil 90/90-12 dan untuk belakang 110/90-10.

Baca Juga: Uniknya New Balis, Kendaraan Listrik Roda Tiga Dari Selis Seharga Rp45 Juta!

Saat kami melihat website resmi Honda Jepang, mereka tidak mematok target terlalu tinggi untuk Benly e, yakni hanya 200 unit selama satu tahun pertama.

Sementara harganya Honda membanderol versi standar dengan harga 737.000 yen atau setara dengan Rp 94 jutaan. Sedangkan versi Pro-nya dibanderol dengan harga 748 ribu yen atau setara dengan Rp 95 jutaan (kurs: Rp 128,8).