POPULAR STORIES

Honda Motor Bangun Link And Match Antara SMK Dengan Industri

Honda Motor Bangun Link and Match Antara SMK dengan Industri

KabarOto.com - Dalam rangka revitalisasi SMK dan penguatan pendidikan vokasi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan PT Astra Honda Motor (AHM) kembali memperluas Program Pendidikan Vokasi Industri dalam rangka membangun Link and Match antara SMK dengan Industri di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Pengembangan ini diwujudkan melalui penandatangan kesepakatan kerjasama yang dilakukan oleh AHM dengan 60 SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda binaan Main Dealer di wilayah Jawa Barat PT Daya Adicipta Motora (DAM) dalam rangkaian acara Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri pada hari Senin (18/3) di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: Sekolah Vokasi Industri AHM Hadir Di Seluruh Provinsi

Dalam kesempatan ini AHM bersama DAM juga menyerahkan bantuan sarana praktik berupa 134 Unit Sepeda Motor Honda dan 134 Special Tools serta Materi Ajar kepada 134 SMK mitra binaan AHM di wilayah Jawa Barat. Penyerahan dilakukan secara Simbolis oleh GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin kepada Kepala Sekolah SMK Teknologi Plus Padjadjaran Sukabumi H. Dedih, SST.

Penyerahan dilakukan secara Simbolis oleh GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin kepada Kepala Sekolah SMK Teknologi Plus Padjadjaran Sukabumi

Acara yang diprakarsai Kemenperin Republik Indonesia tersebut, Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Rehabilitasi Eddy Suharto dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum hadir menyaksikan kesepakatan kerjasama antara industri dan SMK untuk bersama-sama memajukan pendidikan vokasi industri bagi generasi muda di bidang otomotif roda dua.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan AHM memiliki komitmen tinggi untuk terus berperan aktif dalam memperkuat pendidikan kejuruan dan vokasi di Tanah Air.

"Kerjasama ini ditujukan bagi pengembangan potensi SMK untuk masa depan siswa SMK mitra binaan kami sekaligus memperkuat jembatan "link and match" bagi DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri), terutama di Jawa Barat. Kami yakin ini akan memperkuat kontribusi dalam pengembangan pendididikan di Indonesia," ujar Muhibbuddin.

Program vokasi ini merupakan tindaklanjut dengan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang “Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan” untuk meningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia, terutama alumni SMK. Penandatangan perjanjian kerjasama antara perusahaan industri dengan SMK dari Wilayah Jawa Barat bertujuan untuk membina dan mengembangkan SMK agar link and match dengan dunia industri, serta memberikan akses kepada SMK untuk melakukan praktek kerja industri dan magang pada perusahaan industri.

Penandatangan perjanjian kerjasama antara perusahaan industri dengan SMK dari Wilayah Jawa Barat

Sejak 2010, AHM telah mengembangkan KTSM (Kurikulum Teknik Sepeda Motor) dan berkembang menjadi KTBSM (Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) di tahun 2018. Hal ini merupakan upaya Honda dan jaringannya untuk berkontribusi aktif mendukung peningkatan kompetensi generasi muda dibidang otomotif.

Baca Juga: AHM Kembangkan Pendidikan Vokasi SMK

Melalui Kurikulum TBSM Astra Honda, AHM bersama jaringan main dealer seluruh Indonesia melakukan berbagai pelatihan secara intensif dengan materi yang selalu diperbaharui sesuai perkembangan teknologi dan tren usaha terkini. Siswa SMK yang mengikuti program ini ditempa dengan materi-materi yang terintegrasi untuk mengasah kompetensi teknik maupun non teknik.

Secara keseluruhan AHM telah memiliki SMK mitra binaan sebanyak 687 sekolah yang tersebar di 34 provinsi di Tanah Air. Sementara di Jawa Barat, AHM sudah memiliki 134 SMK TBSM Astra Honda yang tersebar di 17 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat.