Honda Rekrut Ken Kawauchi, Mantan Insinyur Suzuki

Honda Rekrut Ken Kawauchi, Mantan Insinyur Suzuki Ken Kawauchi (Foto: Motorcycle Sport)

KabarOto.com - Menjelang MotoGP 2023, Honda resmi merekrut mantan insinyur Suzuki, Ken Kawauchi sebagai direktur teknis baru. Di mana, Honda menganggap Kawauchi bisa membuat RC213 V kembali bersaing.

Seperti diketahui Honda kesulitan bersaing di 3 musim terakhir MotoGP, apalagi pembalap andalannya Marc Marquez masih dalam pemulihan cidera. Selain itu, motor Honda juga tidak memberikan performa maksimal.

Sebagai informasi, Honda telah merekrut mantan pembalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir untuk bergabung dengan tim LCR Honda dan Repsol Honda.

Baca juga: Kolaborasi Gresini Racing Dan Federal Oil Lanjut Lagi Di MotoGP, Ungkap Livery Musim 2023

Marc Marquez dengan Honda RC213 V

Dengan bergabungnya manajer teknis Suzuki, Ken Kawauchi yang sudah bekerja di Suzuki selama 10 tahun, bersama Shinichi Sahara dan bos tim Davide Brivio, berhasil memenangkan MotoGP 2020 bersama Joan Mir.

"HRC (Honda Racing Corporation) telah mengontrak Ken Kawauchi sebagai manajer teknis," ungkap Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, seperti dikutip dari Speedweek.

Baca juga: Fabio Quartaro Dan Franco Morbidelli Tanggapi Soal Sprint Race Di MotoGP Tahun Ini

Kawauchi akan menggantikan peran Takeo Yokoyama, yang telah bertanggung jawab atas teknologi MotoGP sejak 2016, tetapi mendapat kritik karena kinerjanya yang buruk selama tiga tahun terakhir.

Dengan situasi seperti ini, jelas Honda memanfaatkan pengetahuan Kawauchi selama bekerja di Suzuki, apalagi dia sudah paham karakter membalap Alex Rins dan Joan Mir. Sementara Yokoyama akan tetap bersama HRC dan akan melatih para insinyur muda di Jepang di masa mendatang.