POPULAR STORIES

Tol Trans Jawa Siap Digunakan Di Libur Natal Dan Tahun Baru

Tol Trans Jawa Siap Digunakan di Libur Natal dan Tahun Baru Jalan Tol Ngawi

KabarOto.com - Untuk mendukung kelancaran para pengguna jalan tol saat musim libur Natal dan Tahun Baru 2019, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa Tol Trans Jawa sudah siap untuk digunakan masyarakat.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi mengatakan, setelah melakukan peninjauan di beberapa ruas tol Trans Jawa beberapa waktu lalu, tol ini sudah laik digunakan. "Saya sudah melakukan uji jalan dari Surabaya hingga Semarang, waktunya singkat sekali. Jadi jalan tol Jakarta-Surabaya itu sudah siap dilalui saat Natal dan Tahun Baru," katanya.

Baca juga: Tinjau Kesiapan, Kakorlantas Prediksikan Puncak Arus Mudik Natal Dan Tahun Baru Di Tanggal Ini

Selain itu, Budi pun turut menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan empat ruas Tol Trans Jawa pada Kamis (20/12/2018) mendatang. Adapun empat ruas tol tersebut antara lain Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Boyolali-Kartasura dan Wilangan-Nganjuk.

"Dengan diresmikannya tol tersebut, kami berharap masyarakat sudah bisa melintasinya saat libur Natal dan Tahun Baru 2019," tambah Budi.

Meski begitu, Budi menuturkan, di beberapa ruas Tol Trans Jawa saat ini masih terdapat beberapa pengerjaan proyek, namun Ia memastikan bahwa pengerjaan proyek tersebut tidak akan mempengaruhi arus lalu lintas.

Baca juga: Sambut Natal Dan Tahun Baru, Pertamina Siapkan Mobile Dispenser Di Ruas Tol

"Kami melihat masih ada penyelesaian pekerjaan jembatan di Wilangan menuju Kertosono, ada empat fly over, cuma penyelesaian tidak di jalur utama, berada di sampingnya," beber Budi.

Persiapan Kemenhub sendiri diketahui tidak sebatas persiapan ruas tol saja, namun nantinya akan turut mempersiapkan jalan nasional yang bisa digunakan oleh masyarakat. Seperti jalur alternatif yang turut disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi kepadatan di ruas tol.