POPULAR STORIES

Huawei Kembangkan Mobil Otonom, Bisa Melaju 1.000 Km Tanpa Harus Dikemudikan

Huawei Kembangkan Mobil Otonom, Bisa Melaju 1.000 Km Tanpa Harus Dikemudikan Mobil otonom Huawei

KabarOto.com - Huawei, perusahaan teknologi asal Tiongkok saat ini sedang mengembangkan mobil otonom. Huawei menyatakan, mobil canggih ini bisa melaju tanpa perlu dikemudikan manusia hingga 1.000 km.

Klaim ini disampaikan langsung oleh Senior Executive Smart Vehicle Unit Huawei, Wang Jun. Perusahaannya akan menjual mobil otonom ini pada 2025. "Tujuan tim kami adalah untuk menciptakan mobil penumpang tanpa pengemudi di tahun 2025 mendatang," jelas Wang Jun, dikutip dari Carscoops.

Baca juga: Ditolak Nissan, Apple Belum Ketemu Jodoh Soal Mobil Listrik Otonom

Seperti diketahui, April 2021 lalu Huawei sudah berinvestasi US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. Investasi dilakukan untuk penelitian dan pengembangan (R&D) kendaraan listrik dan berteknologi self driving.

Perusahaan ini tidak sendiri, mereka menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan seperti BAIC Group, Chongqing Changan Automobile dan Guangzhou Automobile Group dalam mengembangkan mobil self driving.

Para insinyur Huawei sudah mengembangkan teknologi mobil semi otonom, yang dapat bekerja dengan optimal.

Huawei sendiri beberapa waktu lalu sudah memperkenalkan mobil plug-in hybrid pertama bernama Seres SF5. Kendaraan ramah lingkungan ini, sebelumnya berada di bawah naungan Sokon Grup, memiliki anak perusahaan Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia).

Baca Juga: Nissan Buka Peluang Kerjasama Dengan Apple Terkait Mobil Listrik Otonom

Tak hanya Huawei, Xiaomi juga sudah membuat kendaraan listrik. Raksasa teknologi asal Tiongkok itu, berinvestasi sekitar US$ 10 miliar atau Rp 142 triliun, demi mengembangkan kendaraan listrik yang canggih.