Hypercar Terbaru Bugatti Centodieci, Sudah Ludes Terjual  

Hypercar Terbaru Bugatti Centodieci, Sudah Ludes Terjual   Foto: Bugatti

KabarOto.com - Pabrikan hypercar asal Prancis kembali rilis varian terbarunya. Kali ini adalah Bugatti Centodieci. Varian teranyar ini adalah sebuah bentuk penghargaan kepada Bugatti EB110.

Dilansir dari Bugatti, “Kami bangga dengan sejarah panjang Bugatti, dimana EB110 sangat berperan. Itulah sebabnya kami merayakan interpretasi ulang terhadap kendaraan luar biasa ini (EB110) dengan Centodieci - Italia untuk 110," kata Stephan Winkelmann selaku Presiden dari Bugatti.

Baca juga: Ribetnya Punya Bugatti Veyron, Ganti Oli Aja Butuh Rp300 Juta!

Bugatti Centodieci, secara desain eksterior, terlihat sangat futuristis. Desain-desain tajam menghiasi seluruh bagian bodi. Seperti di depan, lampu yang digunakan di Bugatti Centodieci ini lebih tajam dan lebih sipit, dibandingkan tipe Bugatti sebelumnya.

Selain itu juga ada aksen semacam buntut lampu, yang memanjang di bagian kap. Meskipun demikian, masih ada ciri khas Bugatti yang bertahan di hypercar terbaru ini, yaitu gril dengan bentuk seperti huruf U terbalik, khas Bugatti.

Pada bagian kap depan, juga terdapat sebuah saluran udara yang disematkan. Kehadiran saluran udara ini cukup mendongkrak tampilan Bugatti Centodieci. Bagian depan yang juga menarik adalah bumpernya, sebab dibuat sangat aerodinamis. Terdapat dua pasang splitter kecil pada bumper dan sebuah splitter besar di bagian bawah. Bumper untuk menujang aerodinamika ini, sangatlah penting. Terutama bagi hypercar yang dapat melaju dengan kecepatan hampir 400 kpj.

Bentuk samping dari mobil ini sangat unik, seperti Bugatti EB 110 yang diperbaharui secara modern. Beberapa bagian dari Centodieci dibuat mirip dengan EB 110. Di antaranya adalah lima buah lubang udara di dekat pintu. Selain itu juga ada sebuah lubang udara yang terletak di bagian bawah pintu. Lubang udara ini juga berpadu dengan side skirt.

Baca juga: Bugatti Luncurkan Mobil Termahal Di Dunia, La Voiture Noire

Namun, karena sisi samping mobil ini mengikuti desain Bugatti EB110, ada sesuatu khas Bugatti yang hilang. Yaitu desain membulat di sekitar pintu. Seperti pada desain Bugatti Veyron dan Chiron. Untuk bagian pelek, Centodieci menggunakan model multipalang berukuran cukup besar. Bagian pelek ini juga dibalut dengan ban berprofil tipis.

Lihat bagian belakang juga tidak kalah menarik. Hypercar ini telah dilengkapi berbagai perangkat aerodinamis seperti rear wing dan diffuser dengan ukuran besar. Dilansir dari Bugatti, tampak belakang dibentuk menjadi lubang ventilasi tunggal, yang dilengkapi 8 elemen lampu belakang, knalpot 2 + 2 yang diposisikan di atas satu sama lain dengan warna hitam matt anodise dan diffuser untuk meningkatkan downforce.

Baca juga: Gokil! Harga Pelek Bugatti Veyron Rp1 Miliar Lebih

Berbicara tentang Bugatti, pasti tidak lepas dari mesinnya yang ikonik. Bugatti memang terkenal dengan mesin 16 silinder dengan konfigurasi W16. Dilansir dari Bugatti, Centodieci masih menggunakan mesin 8.000 cc W16. Dengan tenaga maksimum 1.600 dk pada 7.000 rpm. Mobil ini juga dilengkapi saluran udara tambahan, di area pendingin oli yang secara andal mengatur suhu mesin untuk meningkatkan kinerjanya.

Alhasil, Bugatti Centodieci mampu berlari dari 0 hingga 100 kpj dalam waktu 2,4 detik, 0-200 kpj dalam waktu 6,1 detik dan 0-300 kpj dalam waktu 13,1 detik. Sementara kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik pada 380 kpj.

“Bukan hanya kecepatan tertinggi yang menandakan sebuah hyper-sport-car. Dengan Centodieci, kami sekali lagi ingin menunjukkan bahwa desain, kualitas dan performa sama pentingnya,” jelas Stephan Winkelmann.

Berbicara tentang harga hypercar, pasti tidak pernah murah. Benar saja, banderol Bugatti Centrodieci terbilang sangat fantastis, yakni EUR 8 Juta, atau jika dikonversikan jadi sekitar Rp 125 Miliar.

Mobil ini juga diproduksi sangat terbatas, yaitu hanya ada 10 unit. Serunya lagi, kesepuluh mobil yang dibuat dengan tangan ini juga telah ludes terjual! (Gregorius Nikolaus.P)