POPULAR STORIES

Hyundai Dan LG Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik Di Karawang Rp15,9 Triliun

Hyundai dan LG Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang Rp15,9 Triliun

KabarOto.com - Dua perusahaan yang berasal dari Korea Selatan, Hyundai Motor Group bersama mitranya LG Energy Solution Ltd akan membangun usaha patungan. Keduanya akan memproduksi baterai mobil listrik di Kawarang, Jawa Barat. Produksi tersebut untuk mengamankan pasokan baterai kendaraan listrik berbasis baterai (BEV).

Keduanya sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan pemerintah Indonesia mendirikan usaha patungan (joint venture) di Karawang, Jawa Barat untuk memproduksi sel baterai untuk BEV.

Baca juga: Hyundai Dipastikan Produksi Mobil Listrik Di Indonesia

Sung Hwan Cho, Presiden dan CEO Hyundai Mobis, dan Jong Hyun Kim, Presiden dan CEO LG Energy Solution, menghadiri penandatanganan MoU yang berlangsung di kantor pusat LG Energy Solution di Seoul, (28/07/2021).

Nota Kesepahaman Hyundai dan LG (Foto: Istimewa)

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Presiden Direktur Indonesia Battery Corporation (IBC) Toto Nugroho juga bergabung dalam acara yang berlangsung secara virtual itu.

Berdasarkan nota kesepahaman, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution akan menginvestasikan total 1,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 15,9 triliun untuk membangun pabrik sel baterai.

Masing-masing akan memiliki 50% kepemilikan saham di perusahaan patungan tersebut. Pemerintah Indonesia setuju untuk menawarkan berbagai insentif dan penghargaan untuk mendukung operasi pembangkit yang stabil.

Pembangunan pabrik menurut jadwal akan dimulai pada kuartal keempat tahun 2021 dan akan selesai pada paruh pertama tahun 2023. Produksi massal sel baterai di fasilitas baru diharapkan akan dimulai pada paruh pertama tahun 2024.

Baca juga: Lewat Sebuah Teaser, Hyundai Custo Hadir Dengan Fitur Pintu Geser

Indonesia diilih sebagai tempat pembangunan pabrik, karena berbagai faktor, di antaranya menjadi salah satu produsen nikel, bahan baku utama baterai pembuatan baterai.