POPULAR STORIES

Imbas Proyek Tol Semarang-Demak, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Imbas Proyek Tol Semarang-Demak, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Foto : NTMC Polri

KabarOto.com - Mulai berjalannya rangkaian pembangunan proyek Tol Semarang-Demak, kepolisian siap melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di sekitar jembatan Tol Kaligawe, Semarang, Kamis kemarin (08/06).

Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Yunaldi mengatakan, uji coba rekayasa lalu lintas akan dilakukan selama tiga hari, yakni mulai 8 hingga 10 Juni 2023. Ini merupakan bagian dari pembangunan jembatan Tol Kaligawe.

Baca Juga : Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Naik Mulai 5 Juni, Berikut Rinciannya

“Rekayasa arus lalu lintas, terutama kendaraan dari arah Demak yang menuju Semarang,” katanya.

Yunaldi menyebut, rekayasa lalu lintas ini meliputi pengalihan kendaraan dari arah Demak menuju ke Semarang. Pengendara nantinya akan di arahkan masuk ke jalan tol untuk berputar arah ke jalan utama.

Foto : NTMC Polri

“Sepeda motor dari Demak menuju Semarang juga diarahkan masuk ke tol untuk berputar arah,” jelasnya.

Selain itu, kendaraan besar dari arah Jalan Arteri Yos Sudarso yang akan masuk ke jalan tol diminta untuk masuk melalui gerbang Tol Krapyak. Uji coba akan dilakukan selama tiga hari. Setelah itu, pihaknya akan kembali melakukan evaluasi sebelum diberlakukan secara resmi mulai 11 Juni.

Baca Juga : Siap-siap Macet, Jasa Marga akan Merekonstruksi Rigid Tol Jakarta-Cikampek

“Kalau lancar, 11 Juni mulai dilakukan pembangunan,” tutur Yunaldi.

Dalam penjelasannya Yunaldi menyebut, peninggian jembatan Tol Kaligawe yang akan tersambung dengan ruas Tol Semarang-Demak membutuhkan waktu pengerjaan sekitar enam bulan.

Ia memperkirakan rekayasa lalu lintas di sekitar jembatan Tol Kaligawe akan dilakukan hingga proses selesai pada Desember 2023

“Kalau secara umum sampai tersambung ke tol Semarang-Demak selesai pada tahun depan,” pungkasnya.