POPULAR STORIES

Impresi Suzuki V-Storm 250SX, Jajal Di Lintasan Off-Road

Impresi Suzuki V-Storm 250SX, Jajal di Lintasan Off-Road Foto: KabarOto & Suzuki

KabarOto.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak KabarOto untuk mencoba Suzuki V-Strom 250SX, merupakan motor petualang sport yang menggabungkan keberagaman yang tangguh dengan gaya modern yang mengesankan. KabarOto mengendarai motor tersebut dengan melibas lintasan off-road buatan di Desa Pelangi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa kemarin (05/03).

Motor petualang ini resmi diluncurkan pada November 2022, mengandalkan mesin 1 silinder SOHC dengan 4 valve, berpendingin oli dan memiliki kapasitas 249 cc. Mengandalkan transmisi manual 6 percepatan, sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 26,1 dk pada 9.300 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 7.500 rpm.

Baca juga: SIS Klaim, Suzuki V-Strom 250SX Menarik Perhatian Pecinta Off-road

KabarOto menggunakan motor dengan kelir kuning, terlihat tangguh yang dari desain kokoh dan gagah, hal tersebut baik untuk meningkatkan rasa percaya diri dan melengkapi petualangan saat berkendara.

Memulai perjalanan dari lintasan beton semen, motor langsung merespon cepat gas yang diputar dan langsung melesat tanpa ada jeda. Motor dengan konsep “Lightweight Versatile Crossover”, memiliki bodi ramping namun sasis yang kokoh. Menjadi alasan motor ini cukup agresif saat akselerasi.

Memasuki lintasn berbatu dan menurun, cara kerja dari suspensi telescopic pada bagian depan dan swing arm di belakang, membuat kontrol lebih maksimal dan terasa tetap nyaman. Di sini kekuatan tangan pengendara dibutuhkan, menahan setang untuk menjaga motor tetap stabil.

Windshield dan knuckle cover menambah rasa percaya diri

Perpindahan gigi transmisinya juga cukup halus, mesin 1 silinder SOHC cukup galak saat merespon setiap putaran gas yang dilakukan pengendara.

Dilengkapi dengan ban semi off-road (AT) cukup membantu saat melintasi jalan berbatu dan kontur tak merata, mencengkram lintasan tanah kering dan berlumpur, namun tetap nyaman digunakan di jalan aspal/beton. Untuk pelek dan ban yang digunakan adalah 19 inci 100/90-19M/C 57S di depan dan 17 inci 140/70-17M/C 66S di belakang.

Baca Juga: Diam-diam, Penjualan Suzuki V-Strom 250SX Sudah Nyaris 600 Unit

Ban dengan tapak lebih lebar di belakang membantu untuk memberikan daya cengkram ke permukaan lintasan tanah.

Punya ground clearance tinggi dan dilengkapi ban semi off-road

Melalui lintasan dengan gundukan tanah dan batu, beruntung motor ini punya ground clearance 205 mm, jadi pengendara tidak perlu khawatir. Sebagai pengaman saat melintasi jalan berbatu tadi, pada bagian mesin juga dilindungi oleh cowling sehingga menghindari kerusakan akibat bebatuan.

Kebetulan cuaca panas cukup menyengat saat mencoba motor tersebut di lintasan, dan melewati medan berat sehingga memaksa kinerja mesin lebih keras. Suzuki V-Strom 250SX sudah disematkan Oil Cooling System yang berguna untuk mendinginkan suhu oli pada motor dan membuat mesin menjadi lebih compact serta ringan.

Cara kerja Suzuki Oil Cooling System sendiri adalah adanya oli radiator dan jalur oli khusus melalui kepala silinder.

Dilengkapi dengan spidometer full digital

Selama perjalanan melitasi jalan off-road, pengeremannya juga mumpuni. Karena selama menunggangi motor petualang tersebut banyak menggunakan rem, di mana sudah menggendong fitur ABS dengan cakram ventilasi berdiameter 310 mm dengan kaliper 2 piston pada bagian depan, dan cakram ventilasi 240 mm dengan kaliper 1 piston pada bagian belakang.

Baca Juga: Uji Ketangguhan Suzuki Jimny 5-Door di Medan Off-Road

Terakhir adalah menerjang genangan air, jujur ini sedikit malas untuk melewatinya karena tidak menggunakan pakaian layak khusus untuk medan off-road. Namun beruntung karena punya ground clearance tinggi dan ban semi off-road itu sangat membantu KabarOto melintasinya.

Suzuki V-Strom 250SX hadir dengan beberapa fitur modern, seperti head lamp dan stop lamp LED, windshield, knuckle covers, jok depan dan belakang yang terpisah, dan spidometer full digital.

Sebagai informasi tambahan, Suzuki V-Strom 250SX ini punya banderol Rp 59,5 juta dengan pilihan warna champion yellow, pearl blaze orange dan glass sparkle black.