Indonesia Sudah Punya Jalan Tol Sepanjang 2.856 Kilometer

Indonesia Sudah Punya Jalan Tol Sepanjang 2.856 kilometer

KabarOto.com - Pemerintah saat ini terus menggeber pembangunan jalan tol, agar setiap daerah sudah bisa terhubung dengan jalan bebas hambatan ini.

Selain untuk mempermudah akses ke berbagai daerah, jalan tol juga dapat mendukung perekonomian. Panjang jalan tol yang sudah ada di Indonesia kini sudah mencapai 2.856 kilometer.

Hal itu diutarakan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit.

"Akhir tahun 2020 lalu, panjang jalan tol kita telah mencapai 2.346 kilometer," terangnya.

Baca juga: Mencoba Jalan Tol Pamulang Ciputat Sepanjang 6,5 Km

Di tahun ini ada penambahan ruas sepanjang 410 kilometer, sehingga total mencapai 2.856 kilometer sampai tahun 2021 ini. Untuk diketahui, saat ini BPJT sedang menyelesaikan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Jalan tol ini meliputi ruas Cengkareng-Kunciran-Serpong dan tersambung dengan ruas Cimanggis-Cibitung-Cilincing. Nantinya jalan tol tersebut membentuk Outer Ring Road kedua.

Terkoneksinya jalan tol tersebut, sistem pentarifan nantinya juga akan berubah. “Tarifnya, nanti bukan ruas per ruas. Tetapi kita bicara tarif jaringan atau integrasi seperti yang diterapkan di Jakarta-Cikampek Elevated,” terang Danang.

Baca juga: Baru Diresmikan Jokowi, Jalan Tol Di Pamulang Mulai Beroperasi Besok

Ke depan, berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), jaringan jalan ultimate yang akan dibangun sampai 2030 targetnya sepanjang 18.000 kilometer.

Jalan tol ini akan memberi dampak, tidak hanya distribusi pengiriman barang semakin mudah, dan efisien soal waktu, tapi juga bagi masyarakat yang melakukan aktiviytas sehari-hari, terbebas dari kemacetan.