POPULAR STORIES

Ingin Ganti Pelek Aftermarket Beda Ukuran? Ketahui Hal Ini Dahulu

Ingin Ganti Pelek Aftermarket Beda Ukuran? Ketahui Hal Ini Dahulu Ilustrasi: Wuling Air ev yang dipasang pelek aftermarket (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pemilik mobil yang mau tampilan mobilnya lebih personal bisa melakukan modifikasi seperti penggantian pelek. Namun, perlu diketahui, jika pelek aftermarket harus disesuaikan loh jika ingin naik ukuran.

"Sebenarnya tidak ada patokan pasti untuk kenaikan diameter pelek. Namun demi kenyamanan, disarankan untuk menaikkan diameter maksimal 3 inci dari ukuran standar mobil," jelas Rudy Ghupta selaku Digital Marketing Head PT Sinar Agung Mulia, distributor pelek JF Luxury.

Ilustrasi mobil standar (atas) dengan yang ganti pelek (bawah).

Pertimbangannya, kenaikan maksimal 3 inci masih memiliki toleransi pemakaian ban yang tebal. Ban profil tebal membantu bantingan mobil tetap nyaman meski peleknya membesar.

Baca Juga : Ini Rekomendasi Pelek Aftermarket All New Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla

Selain itu pembacaan kecepatan di spidometer tidak berbeda jauh dibanding saat memakai pelek standar, karena diameter pelek dan ban secara keseluruhan tidak banyak berubah.

Baca Juga : Intip Profil Toyota GR Yaris AP4 Andalan TGRI

"Misal pelek standar Xpander adalah 16 inci dengan ban 205/55 R16. Maka ketika dinaikkan maksimal pelek 18 inci, bisa memakai ban 225/50 R18. Profil ketebalannya ban tidak berbeda jauh dari standar," ungkap Rudy.