POPULAR STORIES

Ingin Pasang Roof Box Di Mobil Untuk Mudik? Perhatikan Ini

Ingin  Pasang Roof Box di Mobil untuk Mudik? Perhatikan Ini Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto hendak mudik menggunakan mobil, dan bagasi tempat penyimpanan terbatas, roof box bisa jadi ruang tambahan untuk menyimpan barang bawaan.

Namun sebelum memasang roof box, ada hal yang perlu diperhatikan. Pertama sebelum memasang, pastikan ada roof rail atau roof rack di mobil kalian. Sebab roof rack menjadi tempat di mana roof box bertengger.

Pilih roof box sesuai kebutuhan, dan ukuran sesuai mobil. Roof box punya banyak pilihan ukuran dan model, dimesin dan kapasitasnya pun beragam di pasaran misalnya 350 - 750 liter. Jangan sampai ukuran roof box lebih besar, serta kapasitas daya angkut mobil melebihi daya angkut mobil.

Baca Juga : Cek Kondisi Ban Serep Mobil Sekarang, Begini Caranya

"Pilih roof rack yang kokoh dan memiliki dudukan kuat serta mudah dibongkar-pasang. Termasuk sanggup menopang roof box di atasnya serta ukurannya tidak melewati lebar bodi mobil karena mengganggu secara estetika, dan keamanan," ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Pemasangan roof box juga harus pada posisi pas, karena akan berpengaruh ke pengendaraan mobil. Harus lebih hati-hati karena bobot keseluruhan mobil akan berubah dari standar seharusnya, membuat mobil terasa lebih berat, dan limbung ketika dikendarai.

Baca Juga : Mudik Pakai Mobil Diesel, Ini Persiapan Yang Dilakukan

Terakhir perhatikan gerbang tol otomatis (GTO), atau ketika masuk ke parkiran yang memiliki pembatas tinggi kendaraan, batas ketinggian GTO biasanya 2,1 meter. Saat memasang roof rail, dan roof box rata-rata ketinggian mobil naik sekitar 45-55 cm.

Contoh Toyota Calya punya tinggi asli 1.600 mm, berarti ketinggian ditambah 450 mm, jadi total 2.050 mm, jarak cukup mepet melewati GTO. Apabila mobil lebih tinggi lagi, maka harus melewati GTO tanpa pembatas.