POPULAR STORIES

Ini Alasan Franco Morbidelli Lebih Memilih Motor Lama Untuk MotoGP 2021

Ini Alasan Franco Morbidelli Lebih Memilih Motor Lama Untuk MotoGP 2021

KabarOto.com – Pembalap tim Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli lebih memilih motor Yamaha YZR-M1 2019 untuk ajang MotoGP 2021 mendatang.

Pembalap asal Italia tersebut enggan untuk mengendarai YZR-M1 2020 untuk musim depan, bahkan rekan satu timnya, Valentino Rossi akan menggunakan YZR-M1 2020. Namun, pilihan murid Rossi ini bukan tanpa alasan, menurutnya jika YZR-M1 2019 miliknya hanya perlu sedikit sentuhan agar bisa bersaing di MotoGP 2021.

Baca Juga : Jelang F1 Sakhir 2020: Lewis Hamilton Positif Covid-19

“Kami hanya perlu memaksimalkan motor ini. memang model lama memiliki pengoptomalan paling kecil. Tetapi bukan berarti saya tidak bisa cepat dengannya,” ungkap Morbidelli.

Secara spesifikasi, Yamaha M1 terbaru sudah menerima peningkatan cukup besar dari segi performa dibandingkan model sebelumnya.

Walau menggunakan motor lama, Morbidelli menunjukkan performa yang apik di ajang MotoGP tahun ini dengan meraih posisi kedua di klasemen MotoGP 2020. Bahkan Wilco Zeelenberg selaku Manajer Petronas Yamaha SRT mengaku terkejut dengan performa yang ditampilkan oleh pembalap bernomor 21 tersebut.

Menurut Zeelenberg, pembalapnya memamahi performa dari YZR-M1 2019 saat ajang MotoGP 2019. Setelah mengenal dekat tunggangannya, Morbidelli mulai meningkatkan performanya di lintasan balap.

“Kami tidak menyangka dia memiliki performa yang tidak jauh berbeda dengan Fabio,” ungkap Zeelenberg.

Baca Juga : Nih, Rahasia Baju Balap Formula 1!

Meskipun saat awal musim 2020 Morbidelli sempat dibuat iri oleh performa motor baru, Morbidelli bersyukur karena motor miliknya tidak memiliki banyak keluhan seperti yang digunakan oleh Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo setelah paruh musim berjalan.

"Tentu, dia ingin kecepatan tertinggi lebih, tetapi dia berkata, 'Jika saya tidak dapat menguji dan membandingkan mesin 2020, saya lebih suka mempertahankan YZR-M1 2019," tutup Zeelenberg.