POPULAR STORIES

Ini Alasan Ukuran Keseluruhan Ganti Pelek Mobil Tidak Boleh Terlalu Jauh

Ini Alasan Ukuran Keseluruhan Ganti Pelek Mobil Tidak Boleh Terlalu Jauh Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Mengganti pelek mobil dianjurkan tidak boleh terlalu jauh dari ukuran standar pabrikan. Walau idealnya kenaikan ukuran ring maksimal 3 inci, namun diameter seluruhnya termasuk ban tidak boleh terlalu jauh.

Dijelaskan kalau ukuran keseluruhan roda dapat berpengaruh ke bacaan kecepatan di spidometer nantinya. Dalam artian, jika beda diameter terlalu jauh, maka setiap putarannya akan ada perbedaan jarak cukup signifikan.

Baca Juga : Tanda Sokbreker Mobil Rusak Sebelah

Pembacaan kecepatan di spidometer tidak berbeda jauh dibanding saat memakai pelek standar, karena lingkaran diameter roda (pelek dan ban) secara keseluruhan tidak banyak berubah," ujar Rudy Ghupta selaku Digital Marketing Head PT Sinar Agung Mulia, distributor pelek JF Luxury.

Hal ini bisa kalian hitung sebenarnya, cukup mudah lewat aplikasi tire calculator di smartphone untuk mengetahui batasan aman ukuran pelek, dan ukuran bannya. Walau ukurannya tidak pasti 100% pas, namun dapat menjadi acuan.

Baca Juga : Alat Kecil Ini Bikin Head Unit Kamu Jadi Android

Sekadar contoh, jika kalian memakai pelek standar 205/55 R16 dengan total diameter 632 mm, maka bisa kalian gunakan pelek 18 inci ukuran ban 215/50 R18 yang diameternya 672 mm, itu artinya naik sekitar 40 mm, jadi tidak terlalu signifikan. Ini juga akan pengaruh saat kalian butuh ban cadangan, sehingga masih bisa dipakai dan tidak terlalu berbeda.