POPULAR STORIES

Ini Alasan Yamaha Berpisah Dengan Franco Morbidelli

Ini Alasan Yamaha Berpisah dengan Franco Morbidelli Franco Morbidelli (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - Tim Monster Energy Yamaha MotoGP dan Franco Morbidelli memutuskan akan berpisah di akhir musim 2023. Di mana, Yamaha memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak bersama Morbidelli.

Keputusan tersebut diambil setelah anak didik Valentino Rossi dianggap tidak berkembang bersama Yamaha selama dua tahun mengendarai Yamaha YZR-M1.

Dalam keterangan resminya, Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis menyampaikan bahwa sangat disayangkan dalam dua tahun terakhir tidak sesuai dengan yang kami inginkan dan harapkan.

Baca Juga: Alex Rins Bakal Tandem Dengan Fabio Quartararo Di MotoGP 2024

Franco Morbidelli sudah 74 kali balapan bersama Yamaha.

"Kami mendiskusikan soal kelanjutan dari kerja sama kami, tapi pada akhirnya kami memutuskan bahwa 2024 menjadi momen perubahan bagi Yamaha dan Franky," jelas Jarvis.

Pada musim 2023, Morbidelli baru mengantongi 57 poin dan menempati posisi ke-11 di klasemen sementara MotoGP 2023. Sejak bergabung dengan Yamaha pada tahun 2019, Morbidelli telah meraih enam podium, tiga di antaranya berada di podium pertama, satu di podium kedua, dan dua kali podium ketiga.

Performa buruk Morbidelli, ditambah dengan cedera lutut yang memaksanya untuk istirahat. Setelah absen sepanjang musim 2021, Morbidelli kembali membalap di San Marino. Secara keseluruhan, Morbidelli sudah 74 kali balapan bersama Yamaha.

Baca Juga: Marquez Siap Secara Fisik Dan Mental Balapan Di MotoGP Inggris 2023

Yamaha Motor Co.Ltd, Yamaha Motor Racing dan Monster Energy Yamaha MotoGP Team mengucapkan terima kasih atas kontribusi, motivasi, dan pikiran positif yang disumbang Morbidelli selama membe;a Yamaha.

"Kerja sama Yamaha dan Morbidelli telah menorehkan hasil yang bagus, termasuk menjadi juara dunia kedua di tahun 2020. Tim akan mendukungFranky sepenuhnya dengan cara yang kami bisa sebagai pengganti waktu yang kami habiskan bersama dengan cara terbaik," tutup Jarvis. - Ben