POPULAR STORIES

Ini Detail Mercedes-AMG GT Black Series, Paling Kuat!

Ini Detail Mercedes-AMG GT Black Series, Paling Kuat! Sumber Foto : Mercedes-Benz

KabarOto.com – Pabrikan asal Jerman yaitu Mercedes-Benz sudah resmi meluncurkan sport car terbaru mereka, Mercedes-AMG GT Black Series. Varian Black Series ini merupakan versi lebih bertenaga ketimbang varian standarnya.

Sebelumnya, embel Black Series pernah tersemat untuk SLS AMG pada tahun 2014. AMG GT Black Series ini merupakan penerus dari SLS.

Baca Juga : Naik Taksi Ini Sudah Disediakan Hand Sanitizer

Mulai dari tampilannya, Black Series ini memiliki tampang lebih agresif dengan penambahan perangkat aerokit dan beberapa perangkat lainnya. Seperti kap mesin yang memiliki lubang udara, yang memiliki tujuan untuk mengalirkan udara dari bawah guna mendinginkan mesin. Tampilan gahar ini tentu terinspirasi dari mobil balap GT3 dan GT4.

Bagian bumper memiliki panamericana gril besar, supaya pasokan udara semakin melimpah. Lalu setiap sisi memiliki splitter dan air duct yang mengarah langsung ke sistem rem sebagai pendingin. Bagian sektor rem menggunakan bahan ceramic dan aplikasi kaliper besar berwarna hitam khas AMG Black Series.

Pelek model sporty 10-spoke dengan ukuran 19 depan dan belakang 20 inci, dibalut dengan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 R MO yang dibuat khusus untuk sport car ini. untuk bagian depan ban ini berukuran 285/35 ZR R19 sementara untuk belakang ukuran 335/30 ZR R20.

Di belakang, bumper memiliki double-diffuser dengan quad muffler besar di kedua sisi. Lalu terdapat spoiler besar berbahan carbon fiber yang bisa di atur secara elektronik atau manual hingga 20 derajat.

Penggunaan bahan carbon fiber ini bertujuan mengurangi bobot dan memperkuat sport car ini. Selain spoiler, beberapa bagian seperti bodi, sasis, atap dan mounting untuk transmisi. Alhasil, bobot mobil ini lebih ringan 400 kg.

Baca Juga : Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lebih Mudah Dengan GoService

Masuk ke interior, menggunakan jok model sport berbahan carbon yang dilapis dengan kulit Nappa. Lalu terdapat aksen jahitan berwarna oranye dan aksen carbon fiber. Untuk bagian instrumen kluster sudah mengadopsi layar 12,3 inci, yang memiliki tiga display yaitu Classic, Sporty dan Supersport.

Bagian headunit ukuran 10,25 inci. Untuk calon pembeli dapat memilih opsi “AMG Track Package”, paket ini menawarkan seat-belt dengan empat titik, lightweight titanium roll cage dan perangkat pemadam api.

Bicara soal performa AMG GT Black Series ini menggunakan unit berkode M178 LS2, berkapasitas 4.000 cc V8 twin turbocharger, konfigurasi flat-plane crank. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 720 dk mulai dari 6.700-6.900 rpm dan torsi 800 Nm mulai dari putaran mesin 2.000-6.000 rpm. Tenaga besar tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi tujuh percepatan kopling ganda AMG Speedshift.

Dari tenaga tersebut, sport car ini dapat berlari 0-100 kpj tuntas dalam 3,1 detik saja dan memiliki kecepatan maksimum hingga 325 kpj. Hasil performa dari AMG GT Black Series ini setara dengan super car. Tenaga yang dimiliki Black Series ini lebih besar dari varian AMG GT-R Pro yang memiliki tenaga 577 dk dan torsi 700 Nm.

Baca Juga : Keren, SAV Listrik BMW IX3 Meluncur Mirip Konsepnya

Sport car ini sudah dibekali AMG Ride Control yang dapat mengatur suspensi secara otomatis. Selain itu terdapat mode berkendara “AMG Dynamic Select”, yang memiliki tiga mode yaitu Comfort, Sport dan Sport Plus.

Bicara soal harga, pihak Mercedes belum menyinggung nih Sob. Tetapi, jika kita melihat varian AMG GTR Pro dibanderol mulai US$200.645 atau setara Rp 2,92 miliar. Artinya diperkirakan mobil ini harganya bisa mencapai Rp 3 miliar atau lebih.

Rencananya mobil ini akan mulai tersedia mulai awal tahun 2021 mendatang. Jadi bagaimana Sob tertarik?