POPULAR STORIES

Ini Dia Tips Aman Lewati Jalan Tanjakan Dari Rifat Sungkar

Ini Dia Tips Aman Lewati Jalan Tanjakan dari Rifat Sungkar Rifat Sungkar selaku pereli nasional sekaligus Direktur Rifat Drive Labs (RDL) mengungkapkan bahwa kecelakaan di tanjakan bisa terjadi akibat kurangnya pemahaman teknik mengemudi (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Beberapa ruas jalan tol baru yang digunakan oleh para pemudik memiliki kontur tanjakan yang cukup curam, terutama di ruas Salatiga – Kartasura, persisnya di lokasi pembangunan jembatan Kali Kenteng. Kondisi jalan tersebut membuat banyak kendaraan roda empat yang mengalami mesin mati sehingga mengakibatkan kemacetan panjang.

Rifat Sungkar pereli nasional sekaligus Direktur Rifat Drive Labs (RDL) mengungkapkan bahwa kejadian seperti ini terjadi karena kurangnya cara mengemudi saat melewati tanjakan. Ditambah kapasitas barang bawaan yang melebihi standar keamanan mobil tersebut.

“Kejadian ini sering terjadi saat arus mudik. Sebagai pemudik kita harus paham bagaimana cara mengantisipasi jalan tanjakan dengan kapasitas barang bawaan yang berat, apalagi menggunakan mobil bertransmisi manual,” kata Rifat.

Untuk mobil transmisi manual, menurut Rifat, hal utama dan terpenting arus diperhatikan adalah penempatan gigi yang tepat. Hanya ada satu pilihan mutlak saat melewati tanjakan, yaitu tuas transmisi ditempatkan pada gigi satu.

“Orang banyak berbuat kesalahan yang membuat mobil jadi mundur di tanjakan karena mereka menganggap bisa dan mudah untuk beradu cepat ketika melepaskan pedal rem, mengangkat kopling, dan injak gas. Tidak ada sinkronisasi yang baik ketika melakukan hal-hal tersebut,” tambah Rifat.

Teknik seperti ini banyak resikonya, karena semakin berat kendaraan akan semakin sulit menentukan titik angkut RPM yang tepat untuk membuat kendaraan bisa melaju. Di satu sisi, untuk bisa mendapatkan irama yang tepat saat melewati tanjakan, dibutuhkan jam terbang yang tinggi. Namun masalahnya, orang tidak banyak berlatih untuk hal yang satu ini.

Satu hal penting yang perlu dibudidayakan atau dimaksimalkan oleh para pengemudi adalah memanfaatkan peranti standar atau alat bantu yang membuat pekerjaan untuk melewati tanjakan menjadi jauh lebih mudah. Peranti tersebut adalah rem tangan.

Baca Juga: Rifat Sungkar Imbau Perhatikan Bobot Maksimal saat Ingin Mudik