POPULAR STORIES

Ini Hasil Uji Tabrak Hyundai Staria Versi ANCAP

Ini Hasil Uji Tabrak Hyundai Staria Versi ANCAP Hyundai Staria saat menjalani uji tabrak (Dok: ANCAP)

KabarOto.com – Hyundai Staria menjalani uji tabrak yang dibuat oleh Australasian New Assessment Car Program (ANCAP) untuk menguji fitur keselamatannya, dan berhasil meraih lima bintang.

Menurut penilaian ANCAP, MPV premium ini mendapatkan nilai 85% dalam perlindungan penumpang dewasa, 86% perlindungan anak-anak, 65% proteksi pejalan kaki dan pesepeda, serta 74% untuk fitur keselamatannya.

Baca juga: Harga Hyundai Staria Sudah Diumumkan, Ada 2 Pilihan

Hyundai Staria dibekali fitur keamanan seperti airbag samping guna melindungi kepala dan dada, airbagi di tengah, sistem pengereman Autonomous Emergency Braking (AEB) dan Lane Support System sebagai standar.

Selain itu, pesaing Toyota Alphard ini juga mendapatkan penilaian baik untuk ANCAP Active Safety Test dengan memberikan hasil memuaskan ketika menguji sistem AEB dengan skenario pencegahan tabrakan meski mobil tak memberikan respon ketika pejalan kaki atau pesepeda melintas saat berbelok atau mundur. Sedangkan Lane Keeping Assist dan sistem Emergency Lane Keeping juga menunjukan hasil bagus dari berbagai skenario.

Baca juga: Hyundai Staria Kinder Siap Antar Jemput Ke Sekolah

"Tingkat keamanan Hyundai Staria bisa diterima dengan baik oleh konsumen pribadi maupun kebutuhan Fleet. Mobil merupakan yang ketiga di segmen People Mover yang mendapat bintang lima dalam uji ANCAP 2020-2022," jelas ANCAP Chief Executive Officer, Carla Hoorweg.

Bukan hanya itu, pencapaian yang sama juga ditorehkan Staria-Load van. Dengan dibekali fitur serupa, varian Staria-Load bertransmisi otomatis menorehkan hasil sempurna. Ini juga sekaligus menjadikan Staria-Load menjadi mobil komersial perdana yang mendapat lima bintang dalam uji tabrak ANCAP.