Ini Keunggulan Jeep Wrangler JL Dari Segi Eksterior Dan Interior

 Ini Keunggulan Jeep Wrangler JL dari Segi Eksterior dan Interior Wrangler JL (Ko/Edo)

KabarOto.com - Jeep melalui PT Hascar International Motor, resmi meluncurkan All New Wrangler di Tanah Air pada akhir pekan lalu. Model terbaru Wrangler berkode JL tersebut, digadang akan menggantikan posisi JK yang telah mendapat tempat di hati para penggemarnya di Indonesia.

Jeep Wrangler JL
Tampilan depan yang lebih maskulin

Lantas apa saja keunggulan JL dibanding JK? Pertama dari segi tampilan. Meski sekilas terlihat mirip, namun sebenarnya eksterior Jeep Wrangler baru ini sudah didesain ulang secara total. Perbedaan paling jelas, bisa dilihat dari gril depannya.

Baca Juga: Jeep Resmi Luncurkan Wrangler JL Terbaru Pengganti JK, Ini Harganya!

lampu depan
Tampilan depan terlihat lebih mewah, cek gril yang lebih menekuk di bagian atasnya

Bila Wrangler JK memiliki 7-bilah besar yang ujung kiri kanannya masih terdapat jarak dari lampu utama, kini ujung kiri dan kanan 7-bilah tersebut langsung menempel headlight di Wrangler JL. Karakter ini mengingatkan desain lawas dari Jeep CJ di masa lampau. Gril pada JL juga berbeda, karena agak menekuk di bagian atasnya.

Baca Juga: Profil - BMW M2 Competition, Ini Dia Harga Dan Spesifikasi Terlengkapnya!

Selain itu, pada JL kini terdapat DRL LED yang terpasang di ujung bumper fender flare. Sedangkan pada lampu utamanya, telah dilengkapi dengan fitur DRL LED tambahan, yang melingkar di sisi dalam lampu.

Pada bagian pilar A, kini terlihat lebih landai, dengan alasan aerodinamika. Menariknya, kaca Wrangler JL kini lebih mudah untuk dilipat ke bawah, karena Jeep telah menyematkan 4 baut baru di bagian atas rangka kaca depan, serta bar header. Sehingga, saat kaca depan dilipat pun, spion tetap pada tempatnya.

lampu belakang
Lampu belakang terlihat menarik

Di bagian lampu belakang, kini mengadopsi LED bar dengan posisi yang sedikit keluar dari bodi. Tampilannya makin gagah, dengan adanya pelek berukuran 17 inci dual tone, yang dibalut ban BFGoodrich M/T berukuran 33 inci.

roda pelek
Pelek 17 inci berbalut ban BFG 33 inci

Selanjutnya masuk ke interior, pada Wrangler JL terdapat beberapa perbedaan di banding JK. Paling mencolok pada desain dasbor yang lebih 'ramai' namun mewah, dibanding JK yang minimalis.

Selain itu, pada interior JL terdapat lapisan kulit premium di beberapa bagian, sehingga membuat auranya nampak lebih lembut dibanding JK yang didominasi plastik keras.

Baca Juga: Profil - Jeep Compass Longitude

indikator
Intrumen cluster menampilkan beragam informasi

Salah satu hal baru di dalam interior JL adalah adanya tombol start/stop yang baru tersedia pertama kali pada varian Wrangler. Tombol tersebut berdekatan dengan tombol fitur lain, seperti AC, perpindahan gear, transfer case, dan rem parkir, dengan letak yang mudah dijangkau pengemudi.

Di bagian dasbor, juga terdapat intrumen cluster LED TFT 7 inci, yang bisa menampilkan berbagai informasi seperti media yang sedang diputar, tekanan ban, atau spidometer digital dengan kombinasi lebih dari 100 cara, yang dapat dipilih pengemudi. Untuk pengaturannya, dapat dilakukan dengan memanfaatkan tombol pada roda kemudi.

tombol fitur jeep
Tombol yang lengkap dan mudah dijangkau tangan pengemudi

Selain itu, di bagian tengah terdapat layar sentuh berukuran 8,4 inci berteknologi Uconnect generasi keempat, yang diklaim paling canggih dan terbesar yang pernah dipasang pada Wrangler. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem tata suara premium dari Alpine dengan 9 buah speaker, amplifier dan subwoofer.

subwoofer
Subwoofer kini menyatu dengan panel kanan bagasi

Khusus subwoofer, kini jeep menempatkan perangkat tersebut pada sisi kanan bagasi belakang, sehingga memungkinkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Baca Juga: Yuk! Mengenal Understeer Dan Oversteer, Serta Cara Mengatasinya

Dari segi daya dan konektivitas, terdapat 2 USB port berukuran standar di depan dan dua di belakang. Serta ada tambahan power outlet 12 volt dan stop kontak AC 115 volt untuk mengisi ulang baterai laptop atau perangkat lain.

Perihal safety, Wrangler JL baru ini pun bertambah drastis dibanding sebelumnya dengan total 75 fitur keselamatan aktif dan pasif. Fitur standarnya termasuk empat rem cakram, ABS, EBD, ESC (Electronic Stability Control) dan ERM (Electronic Roll Mitigation).