Ini Keuntungan Gunakan Hyundai Kona Electric Dan Ioniq Electric

Ini Keuntungan Gunakan Hyundai Kona Electric dan Ioniq Electric

KabarOto.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Jumat (6/11), meluncurkan perdana dua mobil listrik murni untuk konsumen Tanah Air yaitu Hyundai Kona Electric dan Ioniq Electric. Menurut HMID ini adalah saat yang tepat untuk meluncurkan kendaraan listrik.

"Mobil listrik sudah saatnya ada di Indonesia dan kita sudah saatnya masuk di era elektrifikasi," ujar Makmur selaku Managing Director HMID.

Keberadaan dua mobil listrik murni Hyundai ini menjadi salah satu langkah maju industri otomotif di Indonesia. Pasalnya, kendaraan berbasis baterai kini semakin banyak ragamnya. Tentu saja, hal ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah.

Baca Juga: Hyundai Perkenalkan Ioniq Dan Kona Electric Untuk Pasar Indonesia

"Ini (mobil listrik) juga sejalan dengan program pemerintah yaitu percepatan kendaraan elektrik di Indonesia," tambahnya.

Selain bebas emisi yang akan berpengaruh terhadap menekan polusi udara, ada beberapa hal yang menjadi daya tarik kepemilikan mobil listrik khususnya Hyundai Kona Electric dan Ioniq Electric.

Walau saat ini sistem ganjil genap belum diterapkan lagi karena wabah Covid-19, namun kedua mobil listrik murni ini bisa bebas kawasan ganjil genap sampai kapan pun. Jadi, tak perlu repot lagi mencari jalan lain saat sistem tersebut sudah diberlakukan kembali.

Baca Juga: Mulai Oktober 2020, Beli Kendaraan Listrik Uang Mukanya Nol Persen

Seperti yang hangat dibicarakan beberapa waktu terakhir, pemerintah juga mendukung adanya kendaraan elektrik dengan memberikan dispensasi pajak.

"Pemerintah mendukung dengan memberikan dispensasi pajak, baik BBN maupun PKB," jelas Makmur.

Hyundai Kona Electric memilik kapasitas baterai 39,2 kWh, sementara Ioniq Electric sebesar 38,3 kWh. Keduanya memiliki jarak tempuh yang panjang mencapai 300 km untuk sekali pengisian baterai. Makmur juga mengatakan bahwa mobil listrik murni tersebut 4-5 kali lebih efisien daripada penggunaan bahan bakar bensin.

Kelebihan lainnya seperti kebanyakan mobil listrik, kendaraan ini memang bisa dikatakan lebih senyap dibandingkan mobil konvensional. Kerennya, Hyundai Kona Electric dan Ioniq Electric dibanderol Rp 600 jutaan yang bisa dikatakan harganya sangat bersaing dengan merek lain.