POPULAR STORIES

Ini Penyebab Charles Leclerc Tidak Maksimal Di F1 Belgia 2022

Ini Penyebab Charles Leclerc Tidak Maksimal di F1 Belgia 2022 Dok : F1

KabarOto.com – Lagi-lagi Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) tampil kurang maksimal. Pembalap Monako itu mendapat sedikit masalah dan juga hukuman penalti, akhirnya hanya finis posisi 6 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, hari Minggu kemarin (29/08).

Penyebab penampilannya kurang maksimal diyakini karena hal sederhana namum berdampak kepada performanya. Yakni adanya plastik pelindung visor helm yang diindikasikan milik Max Verstappen (Red Bull Racing) menyangkut di brake duct atau saluran udara bagian rem.

Baca juga: Resmi! F1 Belgia Dikonfirmasi Masuk Kalender Musim 2023

Hal kecil ini tentu berdampak pada performa pengereman Leclerc yang overheating atau terlalu panas. Oleh karenanya Leclerc masuk pit lebih awal saat safety car keluar, akibat insiden Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) dan Fernando Alonson (Alpine).

“Kami memulai dengan baik, kemudian pada lap 3 sayangnya mengalami robekan di saluran rem yang berarti saya harus masuk pit ketika saya berada di posisi 9. Itu membuat sedikit menghambat laju mobil. Sejak saat itu, saya tahu itu akan menjadi balapan yang sulit,” jelas Leclerc.

Selain itu, Scuderia Ferrari juga mengalami degradasi ban yang cukup parah, ini juga membuat lajunya semakin tidak maksimal. Tidak sampai di sana, Leclerc juga menerima penalti batas kecepatan saat di pit lane.

Baca juga: Double Podium Buat Red Bull Racing Kokoh Pimpin Klasemen Konstruktor F1 2022

“Kami tidak menggunakan sensor secara normal untuk mengukur kecepatan, karena sensor mengalami kerusakan selama overheat di bagian kanan depan,” jelas Mattia Binotto, Kepala Tim Scuderia Ferrari.