POPULAR STORIES

Ini Rasanya Lewat Tol Depok-Antasari

Ini Rasanya Lewat Tol Depok-Antasari Tol Depok - Antasari (KO/Edo)

KabarOto.com - Tol Depok - Antasari seksi 1, dengan rute Antasari - Brigif Cinere baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Seperti diketahui, jalan tol ini mulai dibangun pada tahun 2014 yang merupakan penghubung Jakarta, Depok dan Bogor, serta terintegrasi dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Jakarta Outer Ring Road II (JORR II).

KabarOto pun penasaran melewati jalan tol Depok - Antasari (Desari). Percobaan pertama dilakukan pada malam hari sekitar pukul 23.30 WIB dari arah Lebak Bulus.

Pintu keluar menuju Lebak Bulus dan Antasari dari arah Brigif

Baca Juga: Honda Brio RS 2017 Ini Sanggup Asapi Sportcar

Tepat di depan gedung Alamanda Tower setelah Cilandak Town Square, di ruas tol Pondok Pinang - TMII terdapat percabangan sebagai akses untuk masuk ke jalan Tol Depok Antasari. Di titik tersebut juga merupakan jalur masuk dari jalan arteri.

Kondisi jalan masuk tersebut sudah terlapis aspal mulus, dan tak lama langsung disambut tikungan panjang melingkar ke kiri. Disarankan hati-hati saat melintas di titik ini, usahakan selalu dalam kecepatan wajar.

Kondisi jalan terbilang terang di malam hari

Baca Juga: Test Drive DFSK Glory 580: Eksterior Memesona Dengan Fitur Menarik

Begitu masuk pintu gerbang pintu Tol Cilandak Utama, ternyata dalam masa uji coba ini para pengguna tol ini masih dibebaskan dari biaya, alias gratis. KabarOto pun terus melaju, sambil mengamati kondisi jalan.

Saat malam hari, penerangan di jalan tol ini terbilang cukup baik, dan rasanya hampir seluruh jalur sudah dilengkapi dengan lampu penerangan jalan. Sehingga pengemudi tak perlu khawatir dengan minimnya penerangan saat melintasi jalan tol ini di malam hari.

Pada masa uji coba ini, juga terlihat petugas PT. Citra marga Nusaphala persada selaku operator jalan tol, berpatroli dengan mobil double cabinnya.

Terowongan menuju Antasari, juga sudah cukup terang di malam hari

Percobaan kedua dilakukan siang hari, KabarOto masuk dari arah yang berbeda, yakni dari arah Pasar Minggu juga di ruas tol Pondok Pinang - TMII. Sedikit berbeda dengan akses masuk dari arah Lebak Bulus, pada jalur ini pengemudi di sambut tikungan pendek ke kiri, tidak panjang hingga memutar seperti arah sebaliknya.

Dari arah Pasar Minggu, langsung disambut tikungan pendek ke kiri

Baca Juga: Mengenal Silsilah Mobil Lamborghini Sekarang

Saat siang hari, terlihat jelas rambu yang sudah lengkap, terpasang sempurna di posisinya dan sangat mudah dibaca oleh pengendara. Meski begitu, ada satu titik yang masih dilakukan pengerjaan perapihan plang rambu jalan.

Kontur jalan pun terlihat mulus, meski belum semua jalur dilapisi aspal. Karena masih ada yang terlihat masih dalam kondisi beton keras.

Rambu-rambu sudah terpasang komplet

Saat siang hari, KabarOto menjumpai satu unit ambulans milik operator tol Desari yang disiapkan untuk kondisi darurat, mengitari ruas tol sepanjang 5,8 km tersebut.

Meski pintu keluar tol Andara sudah tersedia, namun pintu tersebut terlihat masih ditutup. Sehingga pengemudi harus keluar di pintu Brigif, hingga bertemu pertigaan arah Cinere dan gandul.

Akhir jalan tol Desari

Begitu juga arah sebaliknya, pintu keluar dan masuk dari titik Andara masih ditutup, sehingga pengemudi hanya bisa keluar di tembusan jalan Pangeran Antasari, atau belok kiri ke arah RS Fatmawati.

Secara keseluruhan tol yang diprediksi akan mengurangi kepadatan di Jalan Tol Jagorawi ini, sudah layak dan nyaman untuk dilalui.

Untuk informasi, pembangunan Tol Desari ini terbagi dalam tiga seksi yaitu, seksi I ruas Antasari-Brigif atau Cinere sepanjang 5,80 km, seksi II ruas Brigif-Sawangan sepanjang 6,30 km dan seksi III Sawangan-Bojong Gede, Bogor sepanjang 9,5 Km.

Baca juga: Baru Diresmikan, Investasi Tol Depok – Antasari Rp4,886 Triliun

Total panjang keseluruhan ruas tol Depok Antasari yaitu 21,60 km. Jalan Tol Depok Antasari rencananya juga akan terkoneksi dengan Tol Bogor Ring Road hingga Ciawi, dengan penambahan ruang lingkup Rojong Gede -Salabenda sepanjang 6,5 Km.