POPULAR STORIES

Ini Resikonya Jika Terlalu Sering Pakai Semir Ban

Ini Resikonya Jika terlalu Sering Pakai Semir Ban Ban motor penuh resiko jika terlalu sering disemir

KabarOto.com - Saat musim hujan, pemilik motor biasanya sering mencuci kendaraannya di bengkel cuci steam, agar terlihat bersih dan mengkilat. Selain itu mencuci motor juga menjaga cat agar tidak terlihat kusam karena lumpur dan tanah.

Nah, biasanya setelah cuci steam, ban motor akan disikat dengan sabun dan disemir supaya terlihat mengkilat. Nah, apakah sering diberi semir ban dan disikat dengan sabun ada efek samping, misalkan cepat rusak atau kering?

Baca Juga: Ban Motor Ada Batas Maksimal Penggunaan, Ini Yang Disarankan

Elsafan Rendianto, FDR Promotion Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) menjelaskamn, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, saat menggunakan sabun atau semir ban.

"Kalau sabun cuci motor itu kan ada berbagai jenis, nah lebih baik hindari yang mereknya tidak jelas," terang pria yang biasa disapa Rendy ini. Menurut dia, sabun dipakai untuk hilangkan kotoran, yang tidak bisa dihilangkan dengan air saja.

Rendy menambahkan, sering menggunakan sabun atau terlalu banyak saat membersihkan ban, membuat karet bundar itu menjadi keras dan mengurangi daya cengkram di aspal.

Baca Juga: Ini Motor Dan Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Di Balai Lelang

Bagaimanakah seharusnya menggunakan semir ban?

Dia juga menyarankan agar tidak menggunakan semir ban yang tak bermerek. "Karena kita tidak tahu kandungan kimia di dalamnya," terang dia.

Jika bisa juga jangan terlalu sering menggunakan semir ban, itu bisa membuat ban jadi licin dan bisa merusak kompon ban.