POPULAR STORIES

Ini Senjata Ford Untuk Berjibaku Di WRC 2019

Ini Senjata Ford untuk Berjibaku di WRC 2019

KabarOto.com – Ford adalah salah satu merek mobil yang turut dalam ajang reli dunia atau biasa disebut WRC.

Untuk mengikuti sebuah ajang balap WRC, tentunya mobil tidak bisa standar untuk melibas semua rintangan di lintasan dengan aman dan cepat.

Lalu apa saja sih spesifikasi yang Ford berikan untuk Fiesta WRC supaya bisa cepat dilintasan? Yuk simak spesifikasinya.

Baca juga: Skuter BMW C 400 X Resmi Mengaspal Di Indonesia

Yang paling pertama atau paling terlihat mata adalah penggunaan bodi kit, semua bagian bodi di rombak demi menghasilkan aerodinamika yang lebih baik, contoh saja terdapat canard serta spliter yang ukurannya cukup besar pada bagian bumper depan menyatu ke fender, ditambah juga spliter dibagian sepatbor belakang cukup besar, mengikuti bagian depan.

Tidak hanya itu, spoiler besar juga digunakan untuk menambah downforce saat mobil lompat dikecepatan tinggi, bodinya juga dibuat dengan full material komposit dan rollcage besi T45.

Baca juga: HAAS Optimis Hadapi Musim Balap F1 2019

Dapur pacunya menggunakan Ford EcoBoost konfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.600 cc direct injection yang dikembangkan oleh M-Sport dan Ford. Dengan Bore 83 mm, dan Stroke 73.9mm. Sistem pengaturan mesin atau ECU menggunakan hasil racikan dari Cosworth. Turbocharger menggunakan Garreth 36 mm inlet restrictor, lengkapnya lagi Air intercooler untuk sistem pendingin. Hasilnya, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 380 dk dan torsi sebesar 450 Nm.

Dari tenaga tersebut disambung langsung ke transmisi manual 6 percepatan sequential gearbox hasil pengembangan M-Sport and Ricardo dengan hydraulic shift, lalu didistribusikan ke penggerak 4 roda permanen.

Untuk suspensi mengusung MacPherson struts dengan ZF external reservoir dampers, yang asik juga adalah suspensi ini dapat diatur untuk kekerasannya.

Yang juga dilengkapi dengan anti-roll bars demi kekuatan mobil ini. Untuk sistem pengereman, ada settingan berbeda antara penggunaan lintasan krikil dan aspal, dimana saat krikil sistem pengereman menggunakan Brembo ventilated discs with Brembo 4 piston monoblock calipers dengan diameter 300mm.

Baca juga: Suzuki Indonesia Tambah Fitur Baru di All New Ertiga

Sementara untuk lintasan aspal menggunakan Brembo ventilated discs with Brembo 4 piston monoblock calipers ukuran 370mm/355mm. Yang tentunya juga sudah menggunakan Hydraulic handbrake, agar rem tangan tidak mengunci saat dibutuhkan darurat.

Penggunaan pelek juga berbeda saat medan krikil atau bersalju dengan pelek berbahan magnesium 15 inci dengan balutan berukuran Michelin 650mm. Sementara medan aspal menggunakan pelek berbahan sama ukuran 18 inci dengan balutan Michelin.

Baca juga: BMW X4 Tampil Perdana di Hadapan Publik, Bisa Dicoba Lho!

Masuk kedalam interior, pastinya sudah tidak ada fitur kemewahan yang didapat, karena sudah banyak yang ditanggalkan demi terpangkasnya berat mobil. Hanya terdapat Twin dash screens untuk sisi driver dan co-driver, jok bucket seat dari Sparco lengkap juga dengan seatbelt.

Lengkapnya lagi, ada panel pintu berbahan komposit dengan FIA crash foam. Untuk ukuran bodi mobil ini cukup kompak dengan panjang : 4130 mm. lebar : 1875 mm. Wheelbase: 2493 mm. dan berat minimum yang harus dicapai adalah : 1190 kg. (Deddy Darmanto)

Nama Tim M-SPORT FORD WORLD RALLY TEAM
Markas Inggris
Team Chief Richard Millener
Mesin Ford Ecosport 1.5 Turbo
Pembalap dan Co. Driver Lorenzo Bertelli / Simone Scattolin
Elfin Evans / Scott Martin
Teemu Suninen / Marko Sulminen
Rontus Tidemand / Ola Fløene

Berita Terkait

Berita Terkait